Manfaat ikan gabus, bukan hanya dapat mempercepat penyembuhan luka

manfaat ikan gabus
Foto: deddynurfaqih.com

Sudah jadi rahasia umum kalau kandungan yang dimiliki ikan gabus dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, terutama pasca operasi. Namun ternyata selain untuk proses penyembuhan luka, juga banyak manfaat ikan gabus yang bagus untuk ibu hamil.

Melengkapi kebutuhan berbagai nutrisi dan gizi untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan banyak asupan gizi dan berbagai nutrisi untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Dengan kandungan protein pada ikan gabus yang cukup tinggi, kebutuhan nutrisi termasuk untuk pertumbuhan bayi dapat dicukupi. Kandungan ikan gabus juga dipercaya dapat menambah serta menjaga keseimbangan gizi tubuh.

Bagus untuk penderita diabetes

Penderita diabetes kerap kali kebingungan menentukan makanan yang akan dikonsumsi demi memenuhi kebutuhan kalori harian, tanpa harus cemas memikirkan efek sampingnya. Di antara beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi, ikan gabus termasuk salah satu yang dapat dimasukkan ke dalam menu harian. Pasalnya jika dikonsumsi secara benar, ikan gabus memiliki kandungan yang bagus untuk penderita diabetes.

Membantu pertumbuhan gigi dan tulang

Kandungan kalsium yang ada di dalam ikan gabus berkisar antara 60 mg/100 gram hingga 70 mg/ 100 gram fosfor. Karena itu ikan gabus dianggap dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan gigi dan tulang, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Baca Juga: Lebih kaya gizi dibanding ikan salmon, ini kandungan dan manfaat ikan kembung

Membantu menjaga sistem pencernaan

Kandungan protein kolagen yang ada di dalam ikan gabus hanya berkisar antara 3 – 5%. Dengan jumlah yang kecil ini, kadar protein yang ada di dalam ikan gabus pun lebih tinggi dibanding kandungan protein kolagennya. Sehingga membuat ikan gabus memiliki struktur daging yang lebih empuk dan bagus untuk pencernaan.

Meningkatkan albumin dalam tubuh dan mengatasi pembengkakan

Ikan gabus dikenal dapat mempercepat proses penyembuhan luka, karena kandungan albumin dan proteinnya yang tinggi. Albumin tinggi ini jugalah yang dapat membantu meningkatkan albumin di dalam tubuh dan membantu mengatasi pembengkakan, termasuk yang sering dialami pada kaki ibu hamil.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

regal cheesecake

Kamu yang penggemar biskuit regal, sudah pernah coba dessert kekinian ini belum?

tips memilih ikan asin

Memilih ikan asin berkualitas hanya dengan 5 langkah sederhana