Biji selasih, kandungan dan manfaatnya jauh lebih besar dari ukurannya yang imut

kandungan dan manfaat biji selasih
Foto: freepik/lermont51

Biji selasih termasuk salah satu bahan pelengkap yang kerap digunakan dalam campuran aneka hidangan es atau dessert. Ukurannya kecil-kecil, namun biji selasih memiliki citarasa yang begitu lezat. Yang ternyata di balik ukurannya yang imut-imut tersebut, kandungan dan manfaat di dalamnya begitu besar. Lalu apa saja manfaat dari mengonsumsi biji selasih yang baik untuk tubuh?

Mengurangi nafsu makan

Seperti yang sama-sama kita tahu, biji selasi dapat mengembang beberapa kali dari ukuran aslinya. Inilah yang membuat nafsu makan lebih berkurang dan perut terasa kenyang lebih lama. Keuntungan dari manfaat ini tentu baik untuk program diet dan mengecilkan perut.

Mengontrol gula darah dalam tubuh

Biji selasih memiliki kandungan yang dapat membantu memperlambat proses metabolisme yang mengubah karbohidrat menjadi glukosa dalam tubuh. Karena itu biji selasih juga diyakini dapat membantu mengontrol gula darah sehingga tetap stabil.

Sebagai obat batuk dan flu

Biji selasih juga memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk membentengi tubuh dari berbagai jenis bakteri dan virus. Selain itu, biji selasih juga bersifat antispasmodik yang dapat meringankan batuk.

Meredakan mual

Kandungan antioksidan yang dimiliki biji selasih memiliki manfaat yang bagus dalam membantu mempercepat proses detoks dan membersihkan perut. Selain itu biji selasih juga mampu melepas gas yang mengakibatkan perut kembung.

biji selasih atau chia seed untuk tubuh
Foto: freepik/everydayplus

Baca juga: Fungsi ketumbar dalam masakan serta manfaatnya untuk kesehatan

Mengatasi insomnia

Dalam biji selasih yang ukurannya mungil tersebut, ternyata juga terdapat zat sedative yang dapat membuat pikiran terasa lebih tenang. Selain itu kandungan tersebut juga dapat mengakibatkan rasa kantuk, sehingga baik untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat dori popcorn

Dori popcorn, hidangan yang cocok disandingkan dengan saus apa aja

cara memilih minyak goreng yang bagus

Mencari minyak goreng yang bagus, harus perhatikan beberapa ciri ini