Kaldu bubuk tak menggumpal meski disimpan lama, ini yang harus dilakukan

cara menyimpan kaldu bubuk agar tidak menggumpal
Foto: veganblueberry.com

Salah satu bahan pelengkap yang cukup mempengaruhi citarasa masakan adalah kaldu. Selain bisa dibuat sendiri, kaldu juga mudah didapatkan dalam bentuk bubuk instan yang siap digunakan kapanpun dengan mudah. Karena itu biasanya kaldu bubuk jadi salah satu bahan masak yang distok di dapur rumah.

Sayangnya, menyimpan kaldu bubuk terlalu lama dapat membuat teksturnya jadi rusak dan berisiko menggumpal. Tak ingin hal itu terjadi bukan? Tenang saja, karena Kitchen of Indonesia punya beberapa tips yang bisa dilakukan agar kaldu bubuk tak menggumpal.

Saat membeli, perhatikan kemasannya

Hindari membeli kaldu bubuk yang kemasannya rusak. Biasanya kerusakan kemasan ini juga berpengaruh pada kualitas kaldu. Karena itu ada baiknya teliti kemasannya untuk menghindari kaldu bubuk yang sudah rusak. Demikian juga jika kaldu bubuk sudah dalam kondisi menggumpal, sebaiknya pilih yang lain ya.

Simpan kaldu di tempat kering

Simpan dan letakkan kaldu di tempat kering dan bersih. Kaldu bubuk juga bisa dipindahkan ke dalam toples yang bersih untuk penyimpanan dalam waktu lama. Jangan lupa gunakan toples yang kedap udara dan bisa ditutup rapat. Ada baiknya menggunakan toples atau wadah yang berbahan kaca untuk menjaga kualitas kaldu bubuk agar tidak rusak dan awet.

Simpan di tempat terpisah dengan bahan makanan yang berbau menyengat

Selain menyimpannya di tempat yang bersih dan kering, kaldu bubuk juga sebaiknya ditempatkan terpisah dari bahan makanan yang memiliki bau kuat dan menyengat. Sehingga aroma kaldu bubuk tidak terkontaminasi dengan aroma bahan makanan lainnya.

Gunakan peralatan yang kering dan bersih saat mengambilnya

Karena berbentuk bubuk, kaldu akan mudah menempel pada sendok atau peralatan yang basah. Untuk menjaga teksturnya agar tidak menggumpal, sebaiknya gunakan sendok atau peralatan yang bersih dan kering saat akan mengambilnya dari dalam toples.

cara menyimpan kaldu bubuk agar tidak menggumpal
Foto: veganblueberry.com

Baca juga: Cara bikin kaldu ikan yang enak, gurih dan tidak keruh

Tutup kembali dengan rapat

Usai mengambil kaldu bubuk dari dalam toples, jangan lupa untuk menutupnya kembali rapat-rapat. Sehingga udara tidak masuk ke dalam toples dan merusak tekstur kaldu bubuk.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara mengungkep ayam agar tidak alot dan lezat

Yang harus dihindari saat mengungkep ayam agar empuk dan gurih

kesalahan yang membuat cabai meletus saat digoreng

Tips untuk pemula, yang harus kamu tahu kenapa cabai meletus saat digoreng