Kalau Tahu Manfaat Kacang Merah, Kamu Pasti Jadi Rajin Konsumsi Deh

manfaat kacang merah
Foto: Shutterstock

Kamu pasti sudah tak asing dengan kacang merah. Bahan makanan yang satu ini sering digunakan sebagai campuran aneka makanan, mulai dari sup, bubur, puding hingga es. Tak heran, pasalnya kacang merah memang punya citarasa yang lezat dan cocok untuk bahan tambahan berbagai menu. Tapi sudah tahukah kamu apa saja manfaat kacang merah?

Kacang Merah Dapat Mencegah Kanker Payudara

Kacang merah mengandung banyak serat. Yang mana kandungan ini baik untuk pencegahan kanker, terutama kanker payudara. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat juga dapat menurunkan resiko kanker prostat hingga 50 persen lho.

Kacang Merah Juga Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Mengonsumsi satu setengah cangkir kacang merah dapat memenuhi kebutuhan protein saat hamil. Yang mana kandungan tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Bahkan dengan mengonsumsi kacang merah, masalah pencernaan saat hamil seperti sembelit dan kelebihan gas yang sering terjadi pada ibu hamil juga dapat diatasi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Demi mencapai berat badan yang diinginkan, sering kali program diet dijalani dengan berbagai cara. Jika ingin menerapkan diet sehat, kamu bisa konsumsi kacang merah dalam salah satu menu dietmu. Dengan kandungan serat yang tinggi, kacang merah juga mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: Makan Makanan Pedas Ternyata Punya Manfaat Lho Untuk Tubuh

Kacang Merah Juga Bagus Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Bukan hanya dapat menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan yang ada di dalam kacang merah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat membuat makrofag yang ada di dalam tubuh menjadi lebih aktif dan banyak, sehingga tubuh pun mampu menghancurkan zat-zat asing yang menyebabkan timbulnya penyakit.

olahan kacang merah
Foto: recipetineats.com

Memiliki Kandungan Mineral Yang Baik

Kacang merah memiliki kandungan mineral tembaga yang tinggi, sehingga sangat penting untuk meningkatkan aktifitas enzim yang ada di dalam tubuh. Kandungan ini dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak serta memastikan pembuluh darah, sendi dan ligamen tetap elastis. Sehingga tetap dapat berfungsi dengan baik.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

pisang almond shake

Enaknya Protein Shake! Minuman Sehat Di Banding Jajan Sembarangan

cara membuat dapur ramah anak

Agar Aman Untuk Anak, Ini Cara Menata Dapur Ramah Anak