Rekomendasi makanan sahur yang beri energi kuat selama puasa

Photo by Spencer Davis on Unsplash

Sahur merupakan salah satu sunnah dalam menjalankan ibadah puasa. Meski tidak diwajibkan, sebaiknya kita tidak meninggalkan ritual yang satu ini karena sahur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Selama 14 jam puasa, kita tidak akan mendapat asupan gizi dari makanan sehingga sahur menjadi kesempatan bagi tubuh untuk menyimpan energi dan nutrisi lainnya. Untuk membuat tubuh kita tetap bugar selama puasa, pada prinsipnya adalah menjaga pola gizi seimbang. Dalam satu kali makan, kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak, serta sayur dan buah.

Jenis makanan yang kita konsumsi saat sahur juga harus diperhatikan. Hal itu disebabkan, ada beberapa jenis makanan yang bukannya membuat kita semakin kuat dalam berpuasa, justru membuat kita cepat lapar dan haus. Begitu pula, ada beragam jenis makanan yang membuat kita kenyang lebih lama, dan tentunya nyaman bagi perut untuk dikonsumsi di waktu sahur. Berikut merupakan jenis makanan yang baik untuk sahur:

Makanan pokok

Meski terkadang malas, kita sebaiknya tetap mengonsumsi makanan pokok saat sahur. Makanan pokok dibutuhkan tubuh karena menjadi sumber utama energi bagi tubuh. Saat sahur, sebaiknya memilih jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat kompleks dan indeks glikemik (GI) yang rendah supaya rasa kenyang bertahan lebih lama. Jenis makanan tersebut antara lain:

  1. Oatmeal

    Oatmeal. Photo by Deryn Macey on Unsplash

Kandungan karbohidrat dalam oatmeal sebagian besar berasal dari tepung halus atau pati. Selain sebagai sumber karbohidrat, oatmeal ternyata juga kaya akan serat, yang disebut beta-glucan. Kandungan serat ini yang membuat perut kita kenyang lebih lama karena memperlambat proses penyerapan gula, serta berperan dalam menurunkan kolesterol jahat. Kalau kamu tidak suka rasa hambar oatmeal, kamu bisa menambahkan buah-buahan, madu, potongan daging atau lauk pauk lainnya.

  1. Beras merah

    Beras merah. Photo by ivan Torres on Unsplash

Bukan rahasia lagi jika beras merah terbukti lebih sehat dibanding beras putih. Hal itu disebabkan beras merah mengandung karbohidrat kompleks. Struktur kimia yang rumit dari karbohidrat kompleks itu membuat proses pemecahan dan penyerapannya lebih lama. Hasil akhirnya, kita dapat merasa kenyang lebih lama dan kadar gula darah bisa tetap terjaga.

Lauk-pauk

Lauk pauk dibutuhkan sebagai sumber lemak dan protein. Pastikan untuk memilih lauk yang dimasak dengan tanpa atau hanya sedikit minyak, karena makanan berminyak akan membuatmu cepat haus. Lauk pauk yang baik dikonsumsi untuk sahur antara lain:

  1. Ikan-ikanan

    source: shutterstock.com/g/zefirchik06

Ikan mengandung asam lemak omega-3, lemak baik yang aman bagi tubuh karena justru dapat menurunkan resiko penyakit stroke, serangan jantung, dan alzheimer.

  1. Daging tanpa lemak

    source: Alexander Kovacs on Unsplash

Tidak ada salahnya mengonsumsi daging saat sahur karena daging dapat memenuhi kebutuhan protein harianmu. Protein berguna dalam proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Kalau kamu ingin makan daging, pastikan memilih daging tanpa lemak untuk menghindari kolesterol jahat. Jangan terlalu banyak mengonsumsi daging jika tidak ingin bau mulut. Saat puasa, cairan dalam tubuh berkurang sehingga oksigen dalam mulut juga ikut berkurang. Protein dari daging akan berubah menjadi asam amino yang menyebabkan bau mulut.

  1. Ayam tanpa kulit

    source: freepik.com/jcomp

Seperti daging, jika ingin memakan ayam maka pilihlah ayam tanpa kulit untuk menghindari lemak yang tidak baik bagi tubuh. Apalagi, saat lebaran nanti dijamin asupan lemak dan proteinmu akan melonjak. Jadi, batasi dari saat puasa, ya!

  1. Tempe

    source: wikipedia

Mana nih, penggemar tempe? Bagi kamu yang tidak makan daging, tempe menjadi pilihan tepat untuk menu sahurmu karena justru kandungan proteinnya yang lebih tinggi daripada daging. Setiap 100 gr tempe mengandung kurang lebih 20 gr protein, jumlah yang dapat memenuhi 34% kebutuhan protein harian bagi orang dewasa.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah tidak boleh ditinggalkan dalam menu sahur kita. Pilihlah sayur dan buah dengan kadar air yang tinggi. Untuk buah, sebaiknya kita memilih yang tidak terlalu asam, seperti jeruk. Beberapa jenis sayur dan buah yang baik untuk sahur antara lain:

  1. Daun selada

    Photo by Raphael Nogueira on Unsplash

Daun selada memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Karena itu, mengonsumsi selada saat sahur dapat menjaga tubuhmu tetap terhidrasi sekaligus membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

  1. Brokoli

    Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Mengonsumsi brokoli juga ampuh untuk membuat kamu kenyang lebih lama, karena dalam secangkir brokoli rebus sudah terkandung 5,1 gram serat. Tidak salah jika brokoli merupakan satu dari beberapa makanan yang disebut superfood.

  1. Kurma

    Photo by Mona Mok on Unsplash

Kurma mengandung glukosa, vitamin A, B2, B12, mineral, kalsium, sulfat, sodium, fosfor, potasium, dan magnesium yang berguna untuk menghasilkan energi untuk membuatmu tetap bugar selama puasa.

  1. Pisang

    Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Selain mengenyangkan, mengonsumsi pisang ternyata dapat menaikkan mood, mengikat lemak, mengatur cairan dan elektrolit, serta menurunkan berat badan. Cocok sekali untuk dimasukkan ke dalam daftar menu sahurmu.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sahur. Semua jenis makanan pada dasarnya baik untuk dikonsumsi, asal dalam takaran yang seimbang.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Resep Membuat Tonik Lemon Mint Menyegarkan, Menyejukkan

Simpelnya Cara Membuat Omelet Egyptian Feta Cheese Roll Beserta Resepnya