Jelang ganti tahun, saatnya tutup dan hentikan kebiasaan ngemil yang buruk

bahaya kebiasaan buruk ngemil pada malam hari
Foto: freepik

Kenikmatan ngemil memang susah dipungkiri. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukainya. Apalagi ngemil di malam hari. Sayangnya meski dapat mengobati rasa lapar, tapi kebiasaan ngemil yang sembarangan ternyata juga bisa berdampak buruk untuk tubuh. Karenanya berikut beberapa alasan kenapa kebiasaan ngemil sembarangan sebaiknya dihentikan.

Membuat pola makan terganggu

Ngemil sering kali dijadikan alasan untuk mengganjal lapar sembari menunggu jam makan berikutnya tiba. Tapi sayangnya, tak jarang setelah ngemil perut jadi kenyang dan keinginan untuk makan pun menjadi hilang. Sehingga hal itu membuat pola makan pun terganggu.

Membuat gangguan respon hormon

Kebiasaan ngemil saat larut malam dapat membuat respons hormon terganggu. Gangguan tersebut dapat membuat tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit. Kemampuan insulin untuk mengeluarkan glukosa dalam darah pun dapat terganggu. Jika diteruskan, lama-lama kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko diabetes.

Membuat berat badan naik

Mengonsumsi cemilan saat malam hari sebelum tidur dapat memicu naiknya berat badan. Pasalnya waktu yang dimiliki oleh tubuh untuk mencerna makanan tersebut lebih sedikit. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membakar kalori ekstra tersebut juga lebih singkat.

Kualitas tidur pun terganggung

Kebiasaan mengonsumsi cemilan sebelum tidur bukan hanya dapat memicu naiknya berat badan, tapi juga membuat kualitas tidur pun terganggu. Kondisi ini tentunya tidak baik bukan? Apalagi tingkat lapar pada keesokan harinya justru akan semakin tinggi karena efek ngemil pada malam hari sebelum tidur.

bahaya ngemil saat malam hari
Foto: freepik

Baca juga: Makanan & Minuman yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Membuat gizi tak seimbang

Karena kenyang dengan cemilan yang dimakan, kita jadi malas mengonsumsi makanan lain dan tak memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi makanan-makanan ringan itu biasanya memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi. Sehingga hal ini dapat mengundang berbagai penyakit.

cemilan berbahaya
Foto: freepik/newfabrika

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

sayur bakar untuk menu bakaran malam tahun baru

Yang bisa dijadikan menu bebakaran saat seru-seruan di malam tahun baru

lumpia udang resep cemilan mudah dan enak

Gampang dan enak, cemilan-cemilan ini cocok untuk kumpul-kumpul di rumah