Jangan Sampai Kudet, Yuk Kupas Dalgona Coffe dari Asal-usul hingga Resep Praktisnya!

Hm.. ternyata begitu~

source: bbc.co.uk

Akhir-akhir ini media sosial dipenuhi dengan postingan-postingan netizen mengenai keberhasilannya membuat minuman yang disebut Dalgona Coffee. Sekilas, tampilannya tidak tidak terlalu berbeda dengan sajian-sajian kopi yang biasa kita lihat, ya? Berupa foam kopi di atas segelas susu cair. Tapi, apa sih yang membuat dalgona coffee ini begitu viral di seluruh dunia hingga ke Indonesia?

Dalgona Coffee, Penyajian Kopi yang Sudah Dikenal Sebelumnya

Tahukah kamu, dalgona coffee sebenarnya bukan terobosan yang baru-baru amat dalam menyajikan kopi instan? Di India, menyajikan kopi yang sebelumnya dikocok, dengan susu cair telah dilakukan sejak lama. Minuman ini disebut kopi Phenti Hui, yang secara bahasa memang berarti ‘kopi kocok’. Bedanya dengan dalgona coffee, kocokan kopi pada Phenti Hui tidak ditaruh di atas susu, tapi menjadi dasar di dalam gelas yang kemudian akan dituang susu cair di atasnya.

Pada masyarakat Yunani, kopi instan yang dikocok biasa disebu frappe. Bahan yang digunakan untuk membuat frappe juga sama dengan bahan untuk membuat dalgona coffee. Perbedaaanya, frappe tidak selalu disajikan dengan susu, melainkan dengan air dan es batu. Adapun penambahan susu hanya opsional sesuai selera masing-masing peminumnya.

Frappe. source: foodnetwork.com

Asal-usul Dalgona Coffee

Dalgona coffee mulai terkenal sejak aktor Korea Selatan, yang saat itu sedang melakukan syuting sebuah variety show di Makau, memesan es kopi saat berada di kedai makanan. Es kopi tersebut dibuat dengan mengaduk campuran bubuk kopi dan gula pasir sebanyak 400 kali adukan, kemudian diseduh dengan air panas dan ditambah es batu. Aktor bernama Jung Il Woo itu menyebut rasa es kopi yang dipesannya mengingatkannya pada jajanan masa kecil berupa toffee tradisional Korea. Nah, toffee itu disebut dalgona atau ppopgi, dibuat dengan melelehkan gula yang dicampur baking soda hingga berbentuk karamel dan dapat dicetak dengan bermacam bentuk.

Proses pembuatan ppopgi. source: maangchi.com

Kalau di Indonesia, toffee itu mungkin dapat dibilang sejenis gulali. Namun, teksturnya tidak keras dan lengket, melainkan agak rapuh dan ringan karena kandungan baking soda di dalamnya. Ppopgi ini termasuk jajanan jadul tapi masih bisa ditemui di jajaran street food di Korea Selatan.

Baca juga: Makanan Dan Minuman Yang Ngetren Di Tahun 2019

source: foodemon.tumblr.com

Dari asal-usulnya, ternyata dalgona coffee yang ramai dikenal saat ini tidak benar-benar ‘mengandung’ dalgona karena kita tidak akan menemukan remahan permen ppopgi di atasnya, kan? Dengan kata lain, dalgona coffee sebenarnya hanya mengadopsi sensasi rasa yang mirip dengan permen dalgona atau ppopgi. Bagaimanapun asal-usulnya, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya dan ikut meramaikan tagar #dalgonacoffee di media sosialmu, kan?

Cara Membuat Dalgona Coffee

Kalau kamu penasaran dengan rasa ppopgi yang ada di dalgona coffee, langsung siapkan bahan-bahan super simpel berikut, ya!

2 sdm kopi instan, kalau bisa yang tanpa gula

2 sdm gula pasir

2 sendok makan air mendidih

Susu cair dan es batu sesuai selera

source: whiskaffair.com

Cara membuat:

  1. Campurkan kopi, gula, dan air panas, aduk terus menerus selama 3-5 menit sampai terbentuk foam kopi yang padat. Kamu bisa menggunakan mixer agar lebih praktis, hanya butuh sekitar 2 menit untuk mencapai konsistensi yang diinginkan.
  2. Siapkan susu cair yang sudah ditambah es batu (opsional), kemudian taruh foam dalgona di atasnya. Dalgona coffee siap dinikmati!

Dengan teknik yang sama, kamu bisa berkreasi membuat ‘dalgona-dalgona’ lainnya, seperti dalgona matcha, dalgona cokelat, atau dalgona milo dengan mengganti bubuk kopi dengan bubuk lain sesuai kebutuhan.

source: tripzilla.ph

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Enak dan Sehat, Ini Resep Golden Latte yang Mudah Dibuat di Rumah

Resep Camilan Berbahan Roti Tawar yang Simpel Dibikin saat Weekend