Jangan Lakukan Ini Supaya Proses Masakmu Lebih Cepat Selesai

kesalahan saat memasak
Foto: onthegas.org

Untuk menyiapkan makanan, mulai dari menyiapkan bahan, memasak hingga penyajian, memang membutuhkan waktu. Kerap kali dengan alasan tertentu, beberapa hal dilakukan karena ingin mempercepat waktu yang dihabiskan untuk memasak. Sayangnya bukan malah jadi lebih cepat, ada beberapa kesalahan yang justru membuat proses masak jadi lebih lambat.

Asal Memotong Bahan Tanpa Memperhatikan Kebutuhan

Hanya karena ingin cepat selesai, kamu jadi asal memotong bahan-bahan masakan tanpa memperhatikan kebutuhan. Termasuk misalnya memotong bahan tanpa memperhatikan ukuran dan bentuk. Cara ini bukannya membuat memasak lebih cepat, tapi justru jadi lebih lama.

Pasalnya bahan yang satu dengan bahan yang lain sering kali punya durasi proses pematangannya tak sama. Sehingga jika dipotong asal, bisa jadi bahan yang lama matang malah dipotong dengan ukuran besar dan membuat proses memasak jadi lebih lama selesai.

kesalahan yang harus dihindari saat memasak
Foto: freepik.com

Tidak Memasukkan Barang Sesuai Urutan Yang Benar

Bahan atau bumbu masak yang satu dengan yang lain bisa punya durasi matang yang berbeda, sehingga memasukkan barang secara asal tanpa memperhatikan urutan yang benar, dapat membuat proses memasak lebih lama.

Karena itu baiknya bahan yang dimasukkan ke dalam panci atau penggorengan dilakukan secara berurutan dari bahan yang lama matangnya. Sedangkan bahan yang lebih cepat matang, baiknya dimasukkan belakangan sehingga tak cepat gosong atau terlalu lembek.

trik memasak
Foto: chowman.net

Baca Juga: Kesalahan Yang Sering Kali Dilakukan Saat Memasak Ikan

Memasukkan Bahan Makanan Sebelum Alat Pemasak Benar-Benar Panas

Memasukkan bahan makanan di penggorengan sebelum minyak panas, dapat membuat makanan jadi terlalu berminyak. Matangnya pun lebih lama. Karena itu lebih baik memasukkan barang setelah alat pemasak benar-benar panas. Termasuk juga saat akan memasukkan kue ke dalam oven, sebaiknya tunggu oven benar-benar panas.

jangan melakukan kesalahan ini saat memasak
Foto: freepik.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

primo gelato medan

5 Kedai Es Krim Dan Gelato Di Medan, Super Segar!

wajan agar tak lengket

Wajan Sering Lengket Untuk Menggoreng, Ini Cara Menghindarinya