Jangan Lakukan Ini Agar Rasa Dan Kandungan Masakanmu Tak Rusak

kesalahan saat memasak
Foto: yesmagazine.org

Memasak bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, tapi bisa juga jadi kegiatan yang merepotkan. Biasanya sih karena memang kurang hobi memasak. Tapi supaya hasil masakanmu tetap terasa enak seperti profesional meski tidak hobi memasak, ada beberapa trik untuk menghindari kesalahan dalam memasak.

Jangan Memasak Sayur Terlalu Lama

Hal fatal yang harus dihindari saat memasak sayuran adalah memasaknya terlalu lama. Bukan hanya dapat menghilangkan sebagian besar kandungan nutrisi dan gizinya, tapi memasak sayuran terlalu lama juga akan membuat rasa sayur jadi rusak. Karenanya hindari memasak sayur hingga terlalu lembek, berubah warna atau bahkan bentuknya hancur.

cara memasak
Foto: skinnyms.com

Memasak Bawang Putih Terlalu Lama

Bawang putih termasuk bumbu dapur yang cepat matang saat dimasak. Jadi jika tak ingin bawang putih cepat gosong, sebaiknya bawang putih dimasukkan pada saat pertengahan memasak. Atau jika dalam bahan bumbu masakan kamu ada bawang merah dan bawang putih, maka kamu bisa masukkan bawang putih setelah bawang merah.

bawang putih
Foto: 500px.com

Kesannya Sepele, Tapi Jangan Sampai Tak Melakukan Koreksi Rasa

Penting sekali untuk mencicipi rasa makanan saat memasak. Jadi kamu bisa menghindari kemungkinan masakan kamu akan keasinan, kemanisan, terlalu pedas atau malah kurang bumbu. Kalau tidak dicicipi, kita tidak akan tahu rasa makanan tersebut sudah pas atau belum.

mencicipi makanan
Foto: foodal.com

Tidak Membaca Resep Hingga Selesai Sebelum Memasak

Sah-sah saja memasak mengikuti panduan resep. Tapi usahakan untuk membaca resep tersebut secara keseluruhan sebelum memasak. Jadi kamu pun bisa menghindari kekacauan atau kebingungan saat memasak.

Baca Juga: Kesalahan Yang Sering Kali Dilakukan Saat Memasak Ikan

Tidak Menggunakan Api Sesuai Kebutuhan

Memasak menu A dengan menu B mungkin membutuhkan suhu panas atau besaran api yang berbeda. Jadi ada baiknya kamu tahu jenis masakan mana yang seharusnya menggunakan api besar dan masakan mana yang seharusnya menggunakan api kecil atau sedang. Jadi masakanmu pun tak akan gosong atau terlalu lama matang karena kesalahan ini.

memasak
Foto: christiannkoepke.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

acar indonesia

Beda-Beda, Ini Acar Dari Berbagai Negara

makanan yang sebaiknya dihindari saat jalan-jalan

Jalan-Jalan Saat Weekend, Hindari Makanan Ini Biar Tetap Segar