Jangan buang makanan yang keasinan, ini cara menyelamatkannya

cara menyiasati masakan keasinan
Foto: freepik

Salah satu permasalahan yang kerap dialami saat memasak adalah hasil masakan yang keasinan. Hal ini kerap terjadi karena takaran garam yang dicampurkan ke dalam masakan terlalu banyak. Atau bisa juga terjadi karena memang belum terbiasa memasak.

Tak apa. Tak perlu panik karena permasalahan tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati masakan yang terlanjur keasinan tersebut.

Tambahkan gula dan asam

Salah satu cara untuk menutupi terlalu rasa asin pada masakan adalah dengan menyamarkan rasa asin tersebut menggunakan bahan perasa lainnya. Misalnya dengan menambahkan gula, sehingga rasa masakan lebih seimbang antara asin dan manisnya. Atau jika ingin masakan lebih kaya rasa dan segar, air asam atau perasan lemon juga bisa ditambahkan pada masakan.

Beri tambahan air

Cara paling mudah untuk mengatasi rasa keasinan pada jenis masakan berkuah adalah dengan menambahkan air pada masakan tersebut. Namun takaran air yang akan ditambahkan juga perlu diperhatikan. Sehingga masakan itu nantinya tak kebanyakan air atau terlalu banyak kuah.

Tambahkan irisan kentang

Kentang termasuk salah satu bahan makanan yang dapat membantu menyerap asin pada masakan. Sehingga jika saat memasak sayur sup dan keasinan, rasa masakan tersebut dapat diselamatkan secara mudah dengan menambahkan potongan kentang ke dalamnya.

Selain kentang, tahu juga punya kemampuan yang sama

Bahan makanan lain yang dapat menyerap rasa keasinan pada masakan selain kentang adalah tahu. Karena itu sebagai pengganti kentang atau pelengkap, irisan-irisan tahu juga bisa ditambahkan ke dalam masakan yang keasinan tersebut.

menyelamatkan masakan yang keasinan
Foto: freepik

Baca juga: Mulai dari Dim sum hingga Bakpao, ini menu sarapan ala masyarakat China

Cuci masakan

Jika sudah terlalu keasinan dan menambahkan bahan lain ternyata kurang bisa menyelamatkan masakan, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci makanan tersebut sebelum proses memasak dilanjutkan. Kemudian bahan makanan tersebut bisa dimasak kembali dengan bumbu baru yang rasanya lebih pas.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

menu sarapan ala masyarakat china

Mulai dari Dim sum hingga Bakpao, ini menu sarapan ala masyarakat China

serabi kuah kudapan indonesia bersantan

Berkuah santan, gurihnya kudapan khas Indonesia ini tak pernah salah di lidah