Interview with Hendy – Sutradara & Penulis Cerita Webseries Kakap Asam Manis

web series kakap asam manis sutradara
Foto: instagram/hendywicaksono

Kakap asam manis adalah sebuah web series dari Kitchen Of Indonesia.

Bercerita tentang Indira Putri. Seorang penyiar sekaligus seorang wanita yang baru menikah. Suatu hari ibu mertua Indira datang berkunjung. Kira-kira bagaimana cara Indira menghadapi ibu mertuanya?

*****

Beberapa waktu lalu tim Kitchen of Indonesia berkesempatan untuk bertemu dan ngobrol langsung dengan Hendy Wicaksono, sutradara web series Kakap Asam Manis. Dari obrolan itu, tim Kitchen of Indonesia berhasil mengorek cerita di balik lahirnya web series Kakap Asam Manis tersebut. Seperti apa? Simak yuk hasil ngobrol-ngobrol tersebut!

*****

Q: Halo Kak Hendy… Lagi sibuk ngerjain project web series-nya Kitchen of Indonesia ya?

A: Oiya mbak, kebetulan lagi sibuk (project, red) itu

Q: Boleh ngobrol sebentar nggak nih, kak?

A: Boleh dong…

Q: Sebelumnya kalau boleh tau nih kak, di project web series ini Kak Hendy pegang bagian apa aja?

A: Kebetulan di project web series Kitchen of Indonesia ini saya posisinya sebagai sutradara merangkap penulis cerita.

Q: Ide web series ini dari mana sih kak?

A: Jadi sebenarnya sih kita ingin mengangkat kisah tentang rumah tangga. Di mana kalau di rumah tangga itu kan penuh dengan intrik saat bertemu dengan mertua gitu ya. Kadang-kadang ada rasa gimana gitu, apalagi kalau sudah urusan dapur. Sindir-menyindir. Nah, dimulai dari situ sih. Kemudian kami kembangkan supaya bisa jadi cerita yang menarik, yang santai, bisa jadi tontonan semua orang. Sehingga terciptalah web series Kakap Asam Manis ini…

Q: Nah, kenapa judulnya Kakap Asam Manis?

A: Karena awalnya waktu itu kami terinspirasi dari logonya KML yang berbentuk kakap. Kemudian semua orang juga suka kakap. Unik. Kan belum ada tuh film tentang ikan kakap, jadi kami angkatlah si Kakap Asam Manis itu. Karena di web series itu kita nantinya juga akan bikin suatu masakan yang sebenarnya menu seperti itu jarang ditemukan tapi bisa dipelajari.

Q: Rencananya akan ada berapa episode untuk web series ini, Kak?

A: Ada 250 episode kayaknya. Hahahaha… nggak sih. Itu nanti jadinya sinetron kalau kayak gitu. Rencana awalnya sih 3 episode. Tapi waktu proses editing akhirnya kami memutuskan untuk jadi 4 episode.

Q: Untuk shootingnya sendiri memakan waktu berapa lama nih?

A: Kemarin kami shooting 4 hari full dari subuh sampai tengah malam. Non stop. Karena salah satu talent ada yang dari Jakarta, jadi kami kejar waktu juga.

Q: Talent yang dimaksud itu yang pemeran utama ya, Kak?

A: Iya betul.

Q: Proses pemilihan pemeran utama sendiri seperti apa sih, Kak?

A: Jadi waktu itu kami casting untuk beberapa talent. Nah dari situ kami lihat sosok Ade ini yang paling cocok untuk peran tersebut. Apalagi Ade juga pernah main FTV jadi memang ada bakat acting. Dia juga hobi masak. Jadi klop lah sama web series ini.

Q: Ada kendala yang dihadapi waktu syuting web series ini nggak, Kak?

A: Kendalanya sih menyesuaikan waktu sama menyiapkan properti. Apalagi untuk syuting web series ini harus sampai malam, jadi stamina tubuh benar-benar ditantang untuk tetap prima.

Q: Kalau pengalaman paling berkesan saat syuting web series ini?

A: Salah satu adegan web series ini ada yang diambil di pasar. Nah di situ seru banget sih. Banyak pengalaman unik, termasuk ditontonin sama banyak orang yang ada di pasar. Mereka seperti penasaran ada apa-ada apa gitu kan. Lalu kita harus datang ke konter-konter penjual ikan untuk syuting. Itu seru sih…

Q: Tapi sebelum syuting ada proses survei, Kak?

A: Ada. Kami ada semingguan untuk survei sebelum proses syuting. Kami juga ada tim sendiri untuk survei.

Q: Kasih tahu dong Kak, apa sih yang spesial sehingga web series ini harus ditonton?

A: Web series ini merupakan sesuatu yang baru ya. Bukan hanya sebuah tontonan yang menarik dan seru, tapi juga banyak informasi dan pengetahuan yang ingin kita sampaikan melalui web series ini.

Q: Nah, Kak Hendy sendiri suka masak nggak?

A: Meski nggak jago banget, tapi suka sih. Jadi bisa masak lah dikit-dikit. Suka nonton konten atau channel masak-masak juga sama istri.

Q: Kak Hendy ada makanan Indonesia yang favorit nggak?

A: Saya kebetulan paling suka sama nasi kuning. Jadi saya juga suka mencoba nasi kuning di berbagai lokasi. Di Kalimantan, di Surabaya. Nah, di Jakarta itu ternyata nasi kuning namanya bukan nasi kuning, tapi nasi uduk kuning. Waktu itu saya sempat bingung, saya pesan nasi uduk untuk sarapan, ternyata yang keluar malah nasi kuning. Setelah saya tanya, ternyata itu nasi uduk kuning. Nah itu jadi pengalaman kuliner yang menarik untuk saya. Dari situ juga saya jadi dapat pengalaman baru. 

Q: Ada pesan nggak Kak untuk penonton youtube-nya Kitchen of Indonesia?

A: Untuk teman-teman youtube, terus nonton web seriesnya Kakap Asam Manis ya. Akan ada 4 episode jadi kalian harus nonton sampai selesai. Ini tontonan yang lumayan menghibur. Talent-talentnya juga unik-unik. Ceritanya juga di luar ekspektasi. Jadi kalian harus terus stay tuned di youtube Kitchen of Indonesia dan nonton web series Kakap Asam Manis.

Q: Wah.. terima kasih banyak, Kak Hendy. Sukses terus untuk project-project nya, Kak!

A: Sama-sama. Terima kasih juga ya.

*****

Episode 1 web series Kakap Asam Manis bisa ditonton di sini ya!

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat cabai

Pedas sih, tapi ternyata cabai punya banyak manfaat ini

cookies and cream

Tanpa Oven, Bisa Kok Bikin Kue-Kue Yang Enak Ini