Sering Dijadikan Pengganti Nasi, Ini Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

manfaat kentang
Foto: thekitchn.com/Emma Christensen

Sering jadi pengganti nasi, kentang juga termasuk sayuran favorit yang sering dijadikan campuran untuk aneka olahan makanan. Mulai dari sup, donat, kentang goreng, serta aneka makanan lainnya. Tak heran, karena bukan hanya enak, manfaat kentang juga begitu banyak.

Kaya akan vitamin hingga asam folat, ini beberapa manfaat kentang yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsinya.

Manfaat Kentang Baik Untuk Pencernaan

Kentang banyak mengandung pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Saat masuk ke dalam usus, pati resisten akan dimakan oleh bakteri baik yang kemudian diubah menjadi asam lemak rantai pendek. Kandungan ini nantinya dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh.

Asam lemak rantai pendek ini pun dapat mengurangi risiko peradangan pada usus besar, memperkuat usus besar, serta mengurangi risiko kanker usus besar.

kentang
Foto: cookieandkate.com

Kentang Pun Dapat Mengatasi Kulit Kering Lho!

Kandungan yang dimiliki kentang selain bisa didapatkan melalui mengonsumsinya, kandungan kentang juga bisa didapatkan dengan menggunakan kentang sebagai masker. Masker ini dapat memberi nutrisi dan melembabkan kulit lho.

Menghilangkan Mata Panda Pun Bisa

Bukan hanya dapat mengatasi kulit kering, kentang juga dapat membantu menghilangkan mata panda. Potong-potong atau jus kentang dan letakkan di atas mata secara teratur untuk memudarkan mata panda atau lingkaran hitam di area mata.

Mengurangi Berat Badan

Kentang sering dijadikan makanan pengganti nasi buat yang sedang menjalankan program diet. Dengan catatan kentang tersebut direbus dan tidak ditambahkan garam, keju ataupun mayonnaise. Kandungan yang ada di dalam kentang dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Sehingga kamu pun bisa mengontrol nafsu makan dan mengurangi berat badan.

manfaat kentang bagi kesehatan
Foto: thekitchn.com/Emma Christensen

Baca Juga: Manfaat Jamu, Obat Herbal yang Kamu Harus Rasakan Khasiatnya

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker Serta Diabetes

Kentang juga memiliki kandungan flavonoid, karotenoid juga asam fenolik. Kandungan ini merupakan antioksidan yang dapat menetralkan molekul berbahaya seperti radikal bebas dalam tubuh. Yang mana jika radikal bebas dibiarkan menumpuk dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, diabetes juga jantung.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kue putu ayu kue berbahan tepung beras

Kue Berbahan Tepung Beras, Ini Kue Tradisional Yang Bisa Dibikin Sendiri

nasi pecel khas indonesia

Nasi Pecel Khas Indonesia Berbagai Daerah, Kamu Bisa Bedain Nggak?