Ini langkah jaga laut yang bisa diterapkan untuk ikut peringati hari maritim nasional

salmon frozen
Foto: freepik/sashylja

Setiap tanggal 21 Agustus, Indonesia memperingati Hari Maritim Nasional. Sebagai anak bangsa, kita pun bisa ikut memperingati hari tersebut dengan berbagai cara. Salah satunya dengan ikut menjaga laut yang kita miliki. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan. Jadi kalau bukan kita bersama-sama yang menjaga laut, lalu siapa lagi?

Tidak membuang sampah di laut

Tidak dipungkiri, laut Indonesia yang cantik ternyata justru banyak tercemar oleh sampah, terutama sampah plastik. Jika dibiarkan terus-menerus seperti itu ekosistem laut pun akan terganggu. Semakin tinggi sampah yang mencemari laut, semakin tinggi pula risiko laut dan ekosistemnya ikut rusak.

Nah sebelum ekosistem dan laut Indonesia semakin rusak, yuk jaga bersama-sama.

Tidak menyentuh terumbu karang

Siapa yang bisa menyangkal kalau terumbu karang di perairan Indonesia sangatlah cantik? Saat menyelam, baik itu snorkeling atau diving, terumbu karang-terumbu karang yang cantik tersebut sangat menggoda untuk sekedar disentuh. Sayangnya, menyentuh terumbu karang dapat membuat mereka rusak. Karena itu secantik apapun terumbu karang tersebut, sebaiknya sebisa mungkin hindari menyentuhnya ya. Termasuk juga tidak menginjak dan menjadikan mereka pijakan.

Tidak memelihara biota laut secara ilegal

Penyu laut memang termasuk salah satu biota laut yang menggemaskan. Tapi menangkap apalagi memeliharanya secara ilegal, tentu bukanlah perbuatan bijak. Pasalnya penyu laut, dan berbagai biota laut lainnya bisa punah jika semua orang ingin menangkap dan memeliharanya sendiri di rumah. Dengan tidak mengganggu biota laut demi kepuasan dan ego pribadi, juga termasuk langkah ikut menjaga laut bukan?

Baca juga: Sajian yang biasa ada saat perayaan Tahun Baru Islam

Tidak membuang-buang makanan hasil laut

Banyak sekali hasil laut yang bisa dan biasa kita makan. Tapi kaya akan hasil laut bukan berarti kita jadi bebas membuang-buang makanan hasil laut begitu saja. Langkah ini juga termasuk salah satu cara untuk menjaga laut dan ekosistemnya. Misalnya dengan memilih poduk-produk frozen. Sehingga saat tidak langsung habis dimakan, kita bisa menyimpan kembali produk-produk tersebut dengan mudah.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

pendap kuliner khas bengkulu

Populer, makanan khas Bengkulu ini wajib banget dicobain

resep pindang ikan pating khas palembang

Tak cuma ada pempek, ini sederet kuliner khas Sumatera Selatan