Ingin mendekor ulang dapurmu? Inspirasi gaya dapur berikut ini bisa wujudkan dapur idamanmu, lho!

source: mountainmodernlife.com

Bagi kamu yang hobi masak, memiliki dapur dengan gaya sesuai keinginanmu tentu dalah sebuah impian tersendiri. Bagaimana dengan kamu yang tidak terlalu suka masak? Mendekor ulang dapur mungkin merupakan langkah yang bagus agar kamu bersemangat dan betah berada di dapur. Dapur dapat disulap menjadi the next ruang favorit kamu dengan mengubah beberapa elemen seperti warna, material, dan bentuk furnitur yang digunakan.

Dalam mendesain dapur, sebaiknya kita tidak hanya mengedepankan fungsi saja, namu juga melibatkan pertimbangan estetika. Pemilihan gaya dapur dapat disesuaikan dengan kepribadian kita. Misalnya saja, jika kamu adalah orang yang anti-ribet, maka desain dapur dengan konsep sederhana, melibatkan sedikit furnitur dan berwarna netral mungkin akan membuatmu membuat gerak maupun pandanganmu ketika di dapur menjadi nyaman. Sebaliknya, jika kamu adalah seorang yang aktif dan menyukai hal-hal nyentrik, mendesain dapur dengan warna yang ‘berani’ dan furnitur beragam dapat menjadi pilihan yang akan membuatmu betah berlama-lama di dapur.

Beberapa gaya dapur berikut dapat menjadi inspirasi dalam merenovasi dapur menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkreasi dan memasak makananmu. Sementara bagi kamu yang baru berencana untuk membangun rumah, pastikan kamu menyimak inspirasi gaya dapur di bawah ini, ya, agar setiap sudut ruangan di rumahmu sesuai dengan apa yang kamu idamkan.

  1. Penyuka kesan mewah pasti tertarik dengan gaya dapur mediteranian

Gaya mediteranian lekat dengan gaya desain khas Eropa yang mengedepankan konsep natural namun menimbulkan kesan mewah. Kalau kamu memiliki dapur dengan gaya mediteranian, bisa berimajinasi nih, seakan-akan menjadi karakter dalam film-film eropa klasik yang berlatar pemandangan asri.

source: Fisher Custom Homes / homedesignlover.com

Kalau gaya mediteranian seperti ini, sih, serasa masuk dalam skenario karakter para bangsawan, ya!

source: Officine Gullo Firenze / homedesignlover.com

Meski memiliki gaya desain Eropa, gaya mediteranian ini cocok diterapkan di Indonesia yang beriklim tropis karena material yang digunakan biasanya berbahan kayu dan beratap genting yang menjamin sirkulasi udara berjalan baik.

Baca juga: Aturan Merawat Peralatan Dapur dari Kayu yang Perlu Diketahui

  1. Gaya industrial buat kamu yang suka hal-hal dengan kesan tegas

Dapur bergaya industrial cocok buat kamu yang menginginkan dapur simpel tapi memiliki bagian-bagian yang diekspos atau ditonjolkan secara tegas. Biasanya bagian yang ditonjolkan adalah dinding yang terbuat dari batu bata atau beton. Beberapa desain juga mengekspos bagian langit-langit. Menggunakan warna-warna monokrom yang menimbulkan kesan tegas seperti hitam dan abu-abu, gaya dapur industrial berhasil menampik stigma bahwa dapur hanya tempat bagi para perempuan.

source: byshnordic.com

Gaya industrial tidak selamanya terkesan maskulin. Bagi kamu yang ingin menimbulkan kesan ceria, dapat menggunakan warna yang lebih bervariasi seperti sentuhan merah dan putih dengan mempertahankan material furnitur yang lekat dengan desain industrial, yaitu besi pada kursi bar dan rak kompor.

source: koolkitchendesign.com
  1. Dapur bergaya shabby chick dijamin bisa memuaskan obsesimu terhadap hal-hal yang imutt dan feminim!

Kepribadianmu yang ceria, hangat, dan menyukai hal-hal berbau imut pasti serasa menemukan ‘rumah’nya kalau kamu mendesain dapurmu dengan gaya shabby chick ini. Lekat dengan dekorasi penuh pattern bunga, polkadot, dan kotak-kotak dipadukan dengan warna-warna pastel, memilih desain dapur bergaya shabby chick cocok bagi orang yang memiliki anak kecil di rumahnya. Anak-anak pasti akan bersemangat jika diajak memasak bersama di dapur ini. Material furnitur yang digunakan biasanya berbahan kayu dan porselen.

source: oldenboysandme.com

Jangan lupa lengkapi peralatan makan di dapur bergaya shabby chick dengan barang-barang bergaya sama.

source: instagram.com/artesanatodecora

Baca juga: Ubah dapur jadi tempat asik yang bikin makin betah berlama-lama

  1. Model minimalis cocok buat kamu yang anti-ribet

Ini dia gaya dapur yang pas untuk si Simpel yang hobi masak dengan kepraktisan tinggi. Material furnitur pada gaya dapur ini biasanya terbuat dari besi, plastik, atau permukaan-permukaan licin lainnya sehingga memudahkan kamu untuk membereskan dan membersihkan dapur setelah memasak. Bentuk furnitur biasanya memiliki garis yang tegas tanpa banyak lekukan seperti pada meja, kabinet, dan lemari. Sesuai dengan konsep minimalis, gaya dapur minimalis mengedepankan hanya hal-hal penting yang ditonjolkan sehingga sangat minim dekorasi dan peralatan memasak di atas meja. Pemilihan warna pada gaya dapur ini juga mengutamakan warna-warna netral seperti putih, coklat, dan hitam.

source: cdn.styledtosparkle.com
  1. Gaya rustic yang penuh kesan autentik

Bagi kamu yang menginginkan kesan lekat dengan masa lampau tapi berkelas, desain dapur bergaya rustic bisa menjadi pilihan. Desain pada gaya ini sengaja menonjolkan permukaan furnitur dan kontruksi yang kasar tanpa finishing untuk menimbulkan kesan alami dan tua. Material yang digunakan pada furnitur biasanya berasal dari kayu, logam, atau batu.

source: mountainmodernlife.com

Meski terkadang ada pewarnaan pada furnitur, beberapa desain membiarkan material kayu sesuai warna aslinya.

source: pinterest.com/potterybarn
  1. Berekspresi lewat warna dengan gaya retro

Gaya retro cocok sekali buat kamu yang ingin mendekorasi dapur dengan warna-warna yang berani dan kesan jadul-yang-modern. Warna-warna seperti merah, biru, hijau, dan cokelat yang saling tumpang tindih justru membua gaya dapur ini menjadi aktraktif.

source: instagram.com/chadesslingerdesign/

Furnitur yang digunakan biasanya terbuat dari material plastik, vinil, melanin, dan kayu. Sentuhan lantai yang bermotif ramai seperti papan catur atau motif lainnya akan membuatmu semakin bersemangat ketika menginjakkan kaki di dapur bergaya retro ini.

source: Quintessence / yahoo.com

Itulah beberapa gaya dapur yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam mendekor ulang atau membuat dapur impian. Yang mana gaya favoritmu?

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bingung pilih jenis tepung untuk membuat makanan kesukaan? Pelajari perbedaannya!

Bukan hanya buah, sayuran-sayuran ini juga tinggi kandungan vitamin C