Ingin makan yang manis terus-terusan? Ayo cek bisa jadi ini penyebabnya

penyebab ingin makan yang manis terus-terusan
Foto: Husbands That Cook

Tubuh sering kali memberikan sinyal kepada kita dengan berbagai cara. Misalnya tiba-tiba kita ingin makan yang manis terus-terusan. Namun kalau keinginan tersebut terus-terusan dituruti, tentu jadinya kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Jika kita tau apa sih penyebab jadi ingin terus-terusan makan manis, mungkin kita pun jadi lebih mudah mengatasinya. Karena itu, yuk coba cari tau sama-sama!

Stress bisa jadi pemicunya

Saat stress, hormon kortisol pada otak dilepaskan. Sedangkan asupan gula dapat merangsang pelepasan hormon dopamin yang dapat memicu munculnya perasaan bahagia. Sehingga stress yang dirasakan otak pun jadi lebih reda dan tenang. Karena itu secara tidak langsung, sering kali keinginan makan yang manis dikaitkan dengan otak yang sedang stress.

Kebiasaan

Bisa jadi salah satu penyebab munculnya keinginan makan makanan manis terus-terusan adalah karena faktor kebiasaan. Karena ketika kita terbiasa makan-makanan manis, bisa jadi kita pun secara tidak sadar akan kecanduan dan membuat tubuh seperti terus menginginkannya.

Untuk hidup yang lebih sehat, ada baiknya kebiasaan tersebut diubah secara perlahan. Salah satunya dengan mulai membiasakan diri banyak mengonsumsi air putih dan banyak mengonsumsi buah serta sayur.

Siklus menstruasi wanita

Untuk wanita, sering kali keinginan makan makanan manis tersebut dikaitkan dengan siklus menstruasi, baik itu mendekati datang bulan atau bahkan sedang datang bulan. Yang mana penyebabnya dikaitkan dengan mood yang gampang berubah dan menjadi lebih sensitif. Kamu juga termasuk yang seperti itu, ladies?

dessert
Foto: loveandoliveoil

Baca juga: Cenderung sedang ingin makan asin-asin? Mungkin ini penyebabnya

Kurang tidur

Wah, tak disangka ternyata terus munculnya keinginan konsumsi makanan manis bisa juga disebabkan oleh kurang tidur. Mengingat makanan manis dapat memberi energi bagi tubuh dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga tubuh pun seolah jadi terasa lebih segar kembali. Padahal banyak mengonsumsi makanan manis juga dapat mengganggu kualitas tidur di malam hari lho!

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

es semanggi magelang

Hidangan lezat yang bisa dinikmati setelah perayaan Waisak

memasak dengan teflon

Cukup Pakai Teflon, Kamu Sudah Bisa Bikin Aneka Hidangan Ini Lho