Ikan Frozen Vs Fresh, Kamu Pilih Yang Mana?

ikan segar
Foto: lelong.com.my

Di pasaran, ada dua jenis ikan yang biasa kita temukan dengan mudah. Ikan frozen atau ikan beku dan ikan fresh atau ikan segar. Kedua jenis ikan ini pun biasanya dijual di tempat yang berbeda. Misalnya ikan fresh atau ikan segar lebih mudah didapatkan di pasar tradisional. Sedangkan ikan frozen atau ikan beku lebih mudah didapatkan di pasar modern atau supermarket.

Ikan segar atau ikan fresh lebih sering dipilih karena dianggap memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibanding ikan beku atau ikan frozen. Benarkah? Selain itu ada beberapa perbedaan antara ikan beku dan ikan segar yang harus diketahui. Apa saja?

ikan frozen
Foto: Shutterstock
  • Ikan beku atau frozen merupakan ikan segar yang telah dibekukan setelah melewati berbagai proses produksi yang higienis, quality control yang terstandard dan proses pembekuan yang baik demi menjaga gizi dan nutrisi alami kesegaran ikan dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Ikan segar langsung dijual setelah proses penangkapan tanpa perlindungan melawan kadaluwarsa. Bakteri (mikroba) pun berpotensi bertambah jika ikan segar tidak dibekukan dan dijaga dengan baik.
  • Ikan frozen memiliki perlindungan terbaik menjaga gizi dan nutrisi asli ikan dari kedaluwarsa dan bakteri jahat.
  • Ikan segar tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama seperti ikan beku. Jika ikan segar hanya bisa bertahan hingga 10 hari di dalam lemari es sejak penangkapan, maka ikan beku bisa bertahan lebih lama hingga 2 tahun di dalam lemari es. Dari masa penyimpanan, ikan beku bisa bertahan lebih lama dan dapat disimpan dengan kondisi yang tetap baik dibanding ikan segar.
  • Untuk menjaga kandungan asam lemak dan protein dalam ikan, ikan harus diturunkan suhunya segera setelah ditangkap dengan menggunakan es batu. Sehingga ikan tetap segar dan terjaga. Karena jika dibiarkan begitu saja tanpa didinginkan, akan terjadi oksidasi lemak pada ikan. Sehingga meski baru ditangkap, jika ikan segar tidak melewati proses penurunan suhu ini maka akan rusak kandungan protein dan asam lemaknya.
  • Sistem pembekuan yang dilakukan pada ikan frozen, tidak membuat nilai gizi ikan menjadi berkurang. Karena protein, lemak serta vitamin larut lemak seperti A serta D, tidak terpengaruh dengan sistem pembekuan yang dilakukan.
  • Cita rasa ikan beku sering kali dianggap berbeda dan kurang lezat jika dibandingkan dengan ikan segar. Hal ini karena kandungan bound water pada ikan akan mencair dan cairan tersebut tidak sepenuhnya dapat diserap kembali oleh tubuh ikan. Sehingga bound water yang terbuang berkurang dan mempengaruhi citarasa ikan. Karenanya ikan beku sering dianggap tak selezat ikan segar.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara memilih ikan

Jangan Remehkan, Ini Cara Memilih Ikan Yang Benar

kakap asam manis

Kakap Saus Asam Manis, Kelezatannya Bikin Nagih