Hindari konsumsi ini sebelum melakukan donor darah

yang harus dihindari sebelum donor darah
Foto: freepik/jcomp

Saat berniat ingin melakukan donor darah, pastinya banyak yang harus diperhatikan. Mulai dari makanan yang baik untuk dikonsumsi hingga yang sebaiknya dihindari agar tidak merusak niat mulia tersebut.

Supaya kondisi tubuh tetap oke, coba yuk hindari konsumsi ini sebelum melakukan donor darah.

Makanan berlemak

Gorengan termasuk salah satu contoh makanan berlemak yang sebaiknya dihindari saat akan donor darah. Selain itu makanan berlemak lainnya seperti kulit ayam dan lemak sapi juga sebaiknya dihindari. Karena tumpukan lemak dari makanan-makanan tersebut dapat mengacaukan hasil tes darah yang biasanya dilakukan sebelum donor darah. Jadi agar niat donor darah dapat berjalan mulus dan lancar, sebaiknya hindari makanan berlemak.

Alkohol

Jika air putih termasuk salah satu minuman yang disarankan untuk banyak diminum sebelum donor darah, maka alkohol termasuk salah satu yang sebaiknya dihindari. Karena kandungan yang ada di dalam alkohol dapat membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi.

Antibiotik

Beberapa infeksi kerap kali membuat kita harus mengonsumsi antibiotik yang diberikan oleh dokter. Meski antibiotik ini memberi efek baik pada tubuh kita, tapi ternyata sebaiknya tak melakukan donor darah saat masih mengonsumsi antibiotik lho. Biasanya jarak antara konsumsi antibiotik terakhir dengan donor darah minimal adalah sekitar tujuh hari.

Baca juga: Berniat donor darah? Ternyata ini yang sebaiknya dikonsumsi sebelum donor darah

Yang mengandung kafein

Kopi, teh serta cokelat termasuk makanan yang mengandung kafein. Jika mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, dikhawatirkan dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Jadi ada baiknya untuk memperhatikan apa-apa saja yang akan dikonsumsi sebelum melakukan donor darah agar tidak menghambat atau justru membahayakan ya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bahan perasa asam pada masakan

Makin kaya rasa, ini yang biasa digunakan untuk memberi rasa asam pada masakan

macam saus sesuai kegunaannya

Macam saus dan kegunaannya untuk berbagai hidangan, jangan salah lagi ya (Part 1)