Hidangan yang biasa disajikan saat Maulid Nabi, bukan hanya tumpeng

nasi kebuli makanan untuk perayaan maulid nabi
Foto: site.medcom.id

Masyarakat Indonesia yang beragama Islam memiliki kebiasaan merayakan Maulid Nabi setiap tahunnya. Tradisi ini pun selalu melibatkan makanan di dalamnya. Karena itu beberapa daerah memiliki hidangan khas yang biasa disajikan saat momen spesial ini.

Berikut beberapa hidangan spesial yang menjadi ciri khas masing-masing daerah.

Nasi Kebuli

Nasi kebuli memang bukan makanan khas Indonesia. Tapi saat perayaan Maulid Nabi, nasi kebuli menjadi salah satu makanan yang disajikan oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Betawi.

nasi kebuli makanan untuk perayaan maulid nabi
Foto: site.medcom.id

Kuah Beulangong

Beda daerah, beda hidangan. Di Aceh, tradisi perayaan Maulid Nabi biasa dilengkapi dengan menu spesial yang hanya disajikan saat Maulid Nabi atau perayaan khusus yaitu kuah beulangong.

Dimasak dengan bumbu seperti kari, kuah beulangong menggunakan daging kambing dan nangka muda sebagai bahan utamanya. Beulangong sendiri merupakan sebutan untuk belanga besar yang biasa digunakan untuk memasak hidangan ini.

Baca juga: Makanan Khas Tradisi Perayaan Muharram Beberapa Daerah Di Indonesia

Gunungan Makanan

Spesialnya momen perayaan Maulid Nabi, salah satunya dengan digelarnya event akbar setiap tahunnya. Di Jawa Tengah salah satunya. Dengan menggelar event rutin setiap tahunnya, masyarakat Jawa Tengah membuat gunungan makanan yang berukuran besar dengan menu sayuran, buah-buahan hingga kue. Setelah diarak keliling desa, makanan-makanan ini pun dibagikan ke masyarakat.

Sumpil

Masyarakat daerah Kendal biasa menyajikan sumpil pada saat perayaan Maulid Nabi. Hidangan ini dibuat dari beras, seperti halnya ketupat, namun dibungkus menggunakan daun bambu dengan penyajian berbentuk limas segitiga. Sumpil biasanya disantap bersama sambal kelapa.

sumpil makanan spesial maulid nabi
Foto: anasafifi

Ampyang Maulid

Masyarakat Kudus biasa menyajikan gunungan nasi kepal pada saat Maulid Nabi. Gunungan ini disebut dengan Ampyang. Disajikan bersama lauk dan sayur-sayuran yang dibungkus dengan daun jati, ampyang juga biasa disajikan dengan kerupuk warna-warni khas Kudus.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat ampas kopi

Ampas kopi memang ada manfaatnya? Coba cari tahu yuk!

kue jemblem singkong gula merah

Jajanan tradisional Indonesia yang gunakan gula merah sebagai topping