Harus Kamu Tahu, Ini Ciri-Ciri Ikan Yang Mengandung Formalin

ikan yang mengandung formalin
Foto: organicfacts.net

Ikan mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh seperti protein, vitamin juga mineral. Banyak dijual di pasar ikan pun mudah didapat. Tapi meski menjadi salah satu negara dengan penghasil ikan terbesar, nyatanya masih ada penjual nakal yang menjual ikan yang mengandung formalin.

Padahal jika dikonsumsi, ikan berformalin tentu menjadi sangat berbahaya dan tak baik untuk tubuh. Karena itu saat membeli ikan, pemilihan ikan harus dilakukan dengan teliti. Agar tak salah pilih, ini lho beberapa ciri-ciri ikan yang mengandung formalin.

Ikan Yang Mengandung Formalin Tidak Dihinggapi Lalat

Lalat memang memiliki kesan kotor. Tapi di pasaran, ikan yang dihinggapi lalat justru menjadi salah satu pertanda bahwa ikan tersebut tidak mengandung formalin. Karena lalat akan mudah berinteraksi dengan ikan yang masih segar tanpa kandungan formalin.

Ikan Berformalin Juga Memiliki Aroma Berbeda Dengan Ikan Segar

Ikan memang identik dengan bau amis yang khas. Karena itu kalau mendapati ikan dengan aroma agak busuk dan aneh tak seperti bau ikan pada umumnya, maka kamu layak curiga. Karena ada kemungkinan ikan tersebut berformalin, jadi lebih baik tidak membelinya.

Ikan Berwarna Cerah Tak Selalu Menjadi Pertanda Bagus

Ikan berwarna cerah tak selalu jadi pertanda bahwa ikan tersebut dalam kondisi bagus. Karena seperti ikan asin, justru yang berwarna pucat yang lebih baik kamu beli. Karena yang warnanya tampak bersih dan cerah justru bisa jadi mengandung formalin. Jadi ada baiknya saat memilih ikan, pilih yang warnanya tak terlalu cerah juga tak terlalu gelap.

Baca Juga: Jangan Remehkan, Ini Cara Memilih Ikan Yang Benar

Tekstur Ikan Lebih Keras Dengan Daging Yang Mudah Hancur

Hindari memilih ikan yang teksturnya terasa keras. Ikan dengan tekstur keras tidak berarti ikan tersebut dalam kondisi segar. Karena ikan berformalin biasanya justru memiliki tekstur yang keras dengan daging yang mudah hancur saat dipotong.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bekal anak praktis

Pasti Disukai Anak, Ini Bekal Praktis Yang Bisa Dibikin Dalam Waktu Singkat

jahe

Manfaat Jamu, Obat Herbal yang Kamu Harus Rasakan Khasiatnya