Gawat! Kalau ada tanda ini, artinya wajanmu sudah tak layak pakai

ciri dan tanda wajan sudah harus ganti baru
Foto: freepik

Wajan termasuk salah satu peralatan masak yang sangat penting. Tanpa wajan, proses masak pun jadi lebih ribet dan susah. Tapi biasanya karena terlalu sering digunakan untuk kebutuhan masak sehari-hari, wajan pun jadi rusak. Karena itu yuk kenali tanda-tanda wajan yang sudah tak layak pakai dan harus ganti baru.

Wajan sudah penyok

Sering digunakan dan mungkin beberapa kali jatuh, bentuk wajan bisa jadi mengalami perubahan. Dari yang awalnya bagus menjadi penyok di salah satu bagian. Nah jika wajan terlihat penyok, ada baiknya segera ganti dengan wajan yang baru. Pasalnya wajan yang sudah penyok bisa membuat proses pematangan makanan jadi tak merata. Apalagi kalau penyoknya bukan hanya di satu tempat tapi juga di beberapa bagian.

Lapisan anti lengket mengelupas

Ada beberapa jenis wajan yang memiliki bahan anti lengket. Selain wajan stainless steel, wajan jenis ini termasuk jenis wajan yang paling banyak digunakan. Bahan lapisan atasnya yang anti lengket memang sangat membantu dalam proses masak. Sayangnya, lapisan tersebut cukup mudah terkelupas dan rusak.

Nah jika lapisan tersebut sudah mulai terkelupas dan rusak, sebaiknya segera buang dan ganti dengan wajan baru ya. Karena jika digunakan untuk memasak justru bisa mengeluarkan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Wajan sudah berkarat

Karat pada wajan bisa coba dihilangkan dengan air garam dan cuka atau lemon. Tapi jika karat sudah terlalu parah dan tak lagi bisa dibersihkan, artinya sudah waktunya untuk ganti wajan. Karena jika masih digunakan terus-terusan, karat pada wajan bisa berbahaya lho.

ciri dan tanda wajan sudah rusak dan harus ganti yang baru
Foto: freepik/aleksandran

Baca juga: Sudah tak layak pakai, ini ciri-ciri waktunya ganti talenan baru

Lapisan wajan menipis atau berlubang

Wajan yang baru biasanya lapisannya terasa tebal. Namun karena penggunaan, lapisan itu pun bisa menipis bahkan berlubang. Jika sudah begitu, agar tidak berbahaya sebaiknya wajan segera diganti dengan yang baru ya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

sawut singkong makanan jadul yang langka

Makanan jadul yang kini makin susah ditemukan, harus coba sebelum lenyap

Membuat Susu Edamame Kayu Manis Jahe