Fungsi merica dalam masakan, benar cuma untuk penambah pedas?

fungsi dan kegunaan merica dalam masakan
Foto: Istimewa

Bukan termasuk bahan yang sulit didapatkan, merica justru termasuk salah satu rempah andalan yang hampir selalu ada di dapur rumah-rumah masyarakat Indonesia. Fungsi utamanya untuk menambah citarasa pedas pada makanan. Tapi selain itu, memang tidak ada fungsi lain dari merica?

Sebagai penyedap masakan

Merica memiliki aroma yang sangat khas dan cukup kuat. Karenanya ketika dicampurkan ke dalam masakan, merica bisa menjadi penyedap masakan. Bukan hanya aromanya, rasa yang dihasilkan oleh merica juga tak kalah khas. Sehingga dapat memperkaya cita rasa masakan dan membuatnya lebih sedap.

Berguna untuk menghilangkan amis

Sebelum dimasak, biasanya ikan atau daging dilumuri beberapa bahan terlebih dahulu untuk menghilangkan amisnya. Salah satu bahan yang biasa digunakan adalah merica. Aroma dan rasanya yang khas dan cukup kuat, diyakini dapat menghilangkan aroma dan rasa amis pada ikan atau daging sapi dan ayam.

Menyedapkan aroma masakan

Aroma merica yang begitu khas sangat mudah dikenali. Sehingga saat dicampurkan dalam masakan, hidangan tersebut jadi lebih sedap dan aromanya khas. Karena itu merica pun jadi salah satu bumbu wajib dalam beberapa menu sajian.

 

 

fungsi merica dalam masakan
Foto: freepik/topntp26

Baca juga: Jangan lakukan ini agar pedasnya cabai dalam masakan jadi lebih optimal

Sudah pasti memberi rasa pedas

Yup! Fungsi yang satu ini memang salah satu fungsi utama menambahkan merica dalam masakan. Untuk memberi rasa pedas pada masakan. Meski merica memiliki efek pedas yang tak sepedas cabai, namun efek dan citarasa yang dihasilkan dari penambahan merica membuat hidangan terasa berbeda dan lebih sedap.

Ternyata bukan hanya memberi rasa dan aroma pedas, merica juga punya beberapa manfaat dan fungsi lain dalam masakan. Tak heran merica jadi salah satu bumbu rempah yang penting.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat sarabba khas makassar

Sarabba, minuman khas Makassar yang menghangatkan badan saat musim hujan

resep dan cara membuat kolak nangka

Punya simpanan nangka di rumah? Bikin kolak nangka aja yuk! Enak dan mudah