Fungsi ketumbar dalam masakan serta manfaatnya untuk kesehatan

fungsi ketumbar dalam masakan dan manfaatnya untuk kesehatan
Foto: freepik/thanthima

Sepintas, ketumbar memiliki penampilan yang cukup mirip dengan merica. Kekayaan rempah-rempah di Indonesia, membuat makanan-makanan khas Indonesia kerap dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang cukup lengkap. Salah satu rempah yang sering dijadikan bahan bumbu masak adalah ketumbar. Tapi apa sebenarnya fungsi ketumbar dalam masakan?

Selain sebagai bumbu masak, ternyata ketumbar juga punya beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat ketumbar bagi kesehatan?

Membuat aroma masakan lebih sedap

Ketumbar termasuk salah satu bahan rempah yang memiliki aroma dan citarasa yang khas. Kerap kali, bahan rempah yang satu ini menjadi campuran bumbu masak dalam menu-menu olahan daging juga ikan. Aromanya yang cukup kuat, membuat ketumbar dapat menyamarkan aroma amis dari daging atau ikan yang digunakan.

Menciptakan rasa yang lebih lezat

Bukan hanya dapat mempengaruhi aroma masakan, ketumbar juga memiliki citarasa rempah yang khas. Karenanya saat dicampurkan dalam masakan sebagai bumbu, ketumbar dapat membuat masakan jadi lebih lezat dan khas. Pedasnya pun tak sekuat merica, sehingga jika digunakan dengan jumlah yang tepat aroma dan rasanya tak akan terlalu mengganggu.

Dalam hal kesehatan, ketumbar dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang diyakini memiliki efek baik untuk membantu mendorong peningkatan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus. Selain itu, ketumbar juga dipercaya bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan perut kembung.

manfaat ketumbar
Foto: freepik/rostovtsevayu

Baca juga: Sering pakai lengkuas, ini fungsi serta manfaatnya dalam masakan

Mengurangi nyeri dan radang

Selain antioksidan, biji ketumbar juga mengandung air dan ekstrak etanol yang berguna dalam membantu meredakan nyeri dan radang. Karenanya ketumbar menjadi bahan rempah yang tak jarang dimanfaatkan seperti obat pereda nyeri dan radang.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kue putri mandi dengan kuah santan

Resep dan cara membuat kue putri mandi, kue lembut nan cantik khas Riau

kernas kuliner khas natuna

Kaya kuliner berbahan ikan, ini deretan kuliner khas Natuna yang harus dicicipi