Perpaduan Kopi Dengan Gula Merah, Ini Fakta Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

kopi dengan gula merah
Foto: videoblocks.com

Indonesia termasuk salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Tak heran jika kemudian banyak masyarakatnya yang begitu menyukai kopi. Bahkan sebagian orang hampir selalu menyeruput kopi pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Tapi untuk beberapa orang, rasa kopi yang terlalu pahit kurang cocok di lidah. Karenanya diperlukan tambahan gula untuk membuat racikan kopi jadi lebih manis dan tak terlalu pahit. Selain gula pasir, perpaduan kopi dengan gula merah juga banyak disukai masyarakat Indonesia.

Kalau kamu penasaran dan ingin mencoba memadukan antara kopi dengan gula merah, ini beberapa fakta yang mungkin belum kamu tahu.

Perpaduan Kopi Dengan Gula Merah Itu Rendah Kalori

Gula aren memiliki kandungan 14,5 gram karbohidrat atau setara dengan 59,4 kalori dalam setiap 1 sendok makannya. Selain itu juga ada kandungan zat gizi lainnya yang tak kalah penting dan dalam jumlah cukup signifikan. Kandungan itu seperti fostor 3,6 mg, kalium 13,5 mg, kalsium 8,5 mg, magnesium 2,1 mg, natrium 0,3 mg, vitamin B, antioksidan serta serat.

Tak Semanis Gula Pasir

Mungkin kamu pernah mendengar kalau gula pasir memiliki rasa yang lebih manis dibanding gula merah. Bukan cuma mitos, ternyata hal itu memang benar lho. Pasalnya gula putih punya kandungan gula 100 persen. Sedangkan gula merah hanya memiliki 78 persen, lebih sedikit dibanding gula pasir. Namun kandungan 22 persen sisanya pada gula merah adalah vitamin, mineral, antioksidan serta serat.

Ini lah yang menyebabkan gula merah tak semanis gula pasir.

Memiliki Indeks Glikemik Yang Rendah

Indeks glikemik dalam gula merah hanya sekitar 35, sedangkan gula pasir memiliki 68 yang artinya lebih banyak dibanding gula merah. Jumlah ini tentunya akan mempengaruhi kadar glokusa darah. Yang mana indeks glikemik dapat dianggap rendah jika kandungannya kurang dari 55.

Karena memiliki indeks glikemik yang rendah, dengan jumlah yang sama dibanding gula pasir, gula merah pun dianggap lebih aman dikonsumsi penderita diabetes.

Menghasilkan Aroma Khas

Berbeda dengan gula pasir, gula merah memiliki aroma yang lebih khas. Aroma khas inilah yang membuat banyak orang menyukai perpaduan kopi dan gula merah. Lebih terasa lebih nikmat, kamu wajib coba perpaduan ini deh.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

macaroni schotel tuna

Tanpa Perlu Dipanggang, Ini Cara Bikin Macaroni Schotel Tuna Kukus Yang Enak

bakso bakar

4 Tempat Bakso Bakar Yang Harus Dikunjungi Saat Ke Malang