Enak dan Sehat, Ini Resep Golden Latte yang Mudah Dibuat di Rumah

Underrated, padahal enak banget!

source: fussfreeflavours.com

Di tengah pandemi corona dan perubahan cuaca, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Makanan dan minuman sehat bisa kita buat sendiri sesuai kreativitas atau mengikuti berbagai resep yang bertebaran di dunia maya. Apalagi saat keadaan yang memaksa kita untuk tetap di rumah seperti saat ini, menyiapkan dan berkreasi aneka makanan dan minuman bisa menjadi aktivitas menyenangkan.

Bagi kamu yang sudah terlalu bosan dengan dalgona coffee yang tampilan maupun resepnya memenuhi beranda media sosialmu selama berhari-hari, ini saatnya kamu meracik sesuatu yang berbeda. Apalagi kalau kamu sedang menghindari minuman berkafein, yang sebenarnya tidak terlalu bagus jika sering dikonsumsi saat musim ‘penyakit’ seperti saat ini. Salah satu resep minuman sehat yang patut kamu coba adalah Golden Latte. Sebenarnya, golden latte ini sempat ngetren juga sekitar tahun 2016-2017. Tapi, apa sih golden latte itu?

Golden latte adalah minuman sehat yang terbuat dari campuran kunyit, jahe, kayu manis, lada hitam, dan tentunya latte. Nah, latte yang digunakan bisa berupa susu almond atau krimer tinggi serat yang mudah dijumpai di minimarket atau tempat-tempat belanja lainnya. Kamu juga bisa menggantinya dengan susu cair biasa (lebih baik jika varian plain), atau santan. Tapi, pastikan kamu tidak memiliki masalah dengan kedua bahan makanan ini, ya!

Baca juga: Minuman Tradisional Penghalau Masuk Angin

Dari bahan-bahan yang digunakan, kamu bisa menebak, kan, kenapa minuman ini disebut golden latte? Ya, karena penggunaan kunyit pada minuman ini membuat tampilannya menjadi kuning keemasan yang menggugah selera. Selain mempercantik tampilan, penggunaan kunyit di sini tentu saja karena manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Zat aktif kurkumin yang terkandung dalam kunyit berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dan organ kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga yang membuat tubuh kita lebih terlindungi dari infeksi. Bersama kunyit, jahe dan kayu manis ternyata memiliki sifat antiinflamasi yang mengurangi resiko terkena penyakit kronis seperti kanker, jantung, sindrom metabolik, dan alzheimer. Rempah-rempah yang tumbuh alami di Indonesia ini masih punya manfaat lainnya yang kalau dijabarkan di sini, nanti kamu nggak jadi-jadi buat golden latte, nih. Kalau begitu, langsung saja kita masuk ke resep golden latte, yuk!

source: playswellwithbutter.com

Untuk membuat satu gelas golden latte, bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Kunyit seukuran ibu jari, parut (jika ingin instan, bisa gunakan 3 sdt bubuk kunyit)

1 batang kecil kayu manis

Jahe seukuran ibu jari, geprek

Sejumput lada hitam

Bubuk kayu manis (sebagai garnish)

1 sdm krimer bubuk (contoh produk: fibercreme)*

1 gelas air

Madu sesuai selera

*krimer dapat diganti dengan susu cair atau santan

Cara membuat:

  1. Masukkan air, krimer, kayu manis batangan, jahe, dan lada hitam ke dalam panci. Rebus hingga mendidih
  2. Matikan api, tambahkan parutan kunyit. Aduk rata
  3. Angkat dan saring (jika menggunakan kunyit parut). Bisa juga didiamkan beberapa saat sampai parutan kunyit mengendap
  4. Setelah tidak terlalu panas, tambahkan madu sesuai selera
  5. Taburkan sedikit kayu manis bubuk sebagai pemanis tampilan
source: Peet’s Coffee & Tea/Facebook

Meski terkesan jadul dan sederhana, minuman ini sudah terkenal menjadi menu favorit di kafe-kafe berbagai belahan dunia, lho. Mulai Sydney, San Fransisco, sampai ke negara Inggris. Bagaimana? Sudah tidak sabar mencobanya?

Baca juga: Manfaat Jamu, Obat Herbal yang Kamu Harus Rasakan Khasiatnya

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Upgrade Resep Onigiri Lebih Nikmat dan Sehat Pakai Edamame

Jangan Sampai Kudet, Yuk Kupas Dalgona Coffe dari Asal-usul hingga Resep Praktisnya!