Doyan menu barbeque? Indonesia ternyata punya teknik bebakaran yang khas lho

teknik barbeque khas indonesia
Foto: freepik

Teknik memasak dengan cara dibakar sudah digunakan sejak lama. Indonesia pun sudah mengenal dan menggunakan metode ini sejak zaman dulu. Karenanya ada banyak menu makanan khas Indonesia yang penyajiannya dibuat dengan cara dibakar. Di antara berbagai menu yang dibakar tersebut, ada beberapa teknik bebakaran yang sangat khas dari Indonesia.

Metode bakar dengan api sekam

Teknik bakar yang satu ini cukup identik dengan Bali. Pasalnya teknik bakar dengan api sekam ini merupakan teknik bakar yang biasanya digunakan untuk memasak ayam atau bebek betutu, salah satu kuliner khas Bali yang paling populer.

Teknik bakar ini memanfaatkan sisa sekam padi. Karena itu ayam atau bebek betutu punya aroma dan rasa yang sangat khas dari teknik pembakaran ini.

Pembakaran dengan arang

Salah satu teknik pembakaran yang paling populer di Indonesia adalah pembakaran dengan menggunakan metode arang. Bukan hanya digunakan di restoran-restoran, teknik bakar yang satu ini juga mudah dan banyak digunakan di rumah-rumah. Misalnya untuk membuat ikan bakar atau sate.

Meski teknik pembakarannya sama-sama menggunakan metode pembakaran arang, tapi cara memasaknya berbeda tergantung dari makanan yang dibakar.

Baca juga: Sempurna Dan Lezat, Ini Caranya Bikin Ikan Bakar Anti Lengket

Bakar batu

Papua memiliki teknik memasak makanan yang dibakar dengan cara bakar batu. Biasanya teknik ini digunakan untuk memasak daging babi, singkong, ubi jalar termasuk juga sayur-sayuran. Batu yang digunakan untuk teknik pembakaran ini dimasukkan ke dalam lubang dengan tumpukan alas daun pisang serta alang-alang.

Teknik memasak makanan dengan metode pembakaran ala Indonesia ini menghasilkan makanan-makanan yang memiliki aroma dan cita rasa yang begitu khas. Dengan kelezatan bumbu rempahnya, kelezatan kuliner ala Indonesia pun jadi susah ditolak.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat nasi telur ikan dori

Nasi telur ikan dori ala Kitchen of Indonesia, bukan sekedar nasi telur biasa

talenan kayu sudah waktunya ganti

Sudah tak layak pakai, ini ciri-ciri waktunya ganti talenan baru