Dilengkapi taburan kelapa, ini jajanan-jajanan Indonesia yang khas banget

jajanan khas indonesia dengan kelapa parut
Foto: instagram/jakarta_gohan

Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi, punya banyak sekali makanan unik yang lezat. Di antaranya, jajanan-jajanan tradisional yang menggunakan parutan kelapa sebagai taburan atau topping.

Klepon

Beberapa waktu lalu, jajanan tradisional ini sempat mendadak viral. Dengan isian gula merah cair yang lumer, klepon yang dibuat dari tepung beras dan tepung ketan ini memiliki cita rasa yang unik dan tekstur yang kenyal. Perpaduan manis dari isiannya dengan gurih dari taburan kelapa parut di atasnya, lumer dan menyatu di dalam mulut dalam sekali gigit. Nagih deh!

makanan dengan kelapa parut
Foto: whattocooktoday.com

Getuk

Ada berbagai macam getuk di Indonesia. Biasanya jajanan tradisional ini dibuat dari bahan singkong atau ubi yang direbus dan ditumbuk halus. Untuk mendapatkan rasa manis, biasanya adonan tersebut diberi tambahan sedikit gula. Nah parutan kelapa di atasnya memberi citarasa gurih pada getuk sehingga paduan rasanya makin lengkap dan lezat.

gethuk makanan dengan kelapa parut
Foto: instagram/aniktriwina

Kue putu

Memiliki beberapa kemiripan dengan klepon, kue putu juga dibuat dari tepung beras dan diisi gula merah cair di bagian tengahnya. Selain taburan kelapa parut di atasnya, yang lebih unik dan khas dari kue putu adalah cara masaknya yang menggunakan potongan bambu. Dengan aroma yang cukup harum, kue putu yang biasa dijajakan keliling oleh pedagang kaki lima kerap menarik minat orang yang lewat.

kue putu bambu kelapa parut
Foto: resepdanmasakan.com

Cenil

Warna-warni cantik dari jajanan yang satu ini begitu menarik perhatian dan terlihat menggiurkan. Dengan bahan kanji dan tepung terigu, cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair yang dituang di atasnya. Tak jarang jajanan satu ini jadi menu sarapan dengan didampingi teh atau kopi hangat.

cenil
Foto: instagram/dhiahoddie

Baca juga: Jajanan tradisional Indonesia yang gunakan gula merah sebagai topping

Tiwul

Pada jaman dulu, tiwul yang terbuat dari singkong ini menjadi salah satu makanan utama pengganti nasi. Namun saat ini makanan tradisional ini sering dijadikan cemilan. Untuk melengkapi citarasa tiwul agar semakin lezat, tiwul juga termasuk jajanan khas Indonesia yang biasanya dinikmati dengan taburan kelapa parut.

tiwul
Foto: instagram/dhora_kusumadewi
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat odading

Ini nih resep rahasia bikin odading viral yang enak dan empuk, biar tak perlu antri beli

bawang putih untuk pengganti garam

Pengganti garam, bahan yang bisa digunakan untuk memberi rasa asin pada masakan