Deretan makanan Jawa Timur yang berbahan dasar petis

makanan berbahan dasar petis
Foto: instagram/nina_epicure

Jawa Timur punya banyak kuliner yang menggunakan petis sebagai bahan dasarnya. Lupakan soal aroma petis yang amis. Penggunaan bumbu petis dalam aneka makanan ini justru membuat makanan Jawa Timur berbahan dasar petis itu menjadi semakin terasa lezat. Lagipula aroma khas petis yang amis tersebut akan tertutup dengan bahan-bahan lainnya yang akan membuatnya jadi beraroma sedap.

Rujak Cingur

Sudah jadi rahasia umum kalau bahan utama yang berpengaruh dalam kelezatan rujak cingur adalah petis. Kelezatan ini pula yang kemudian membuat rujak cingur menjadi salah satu kuliner Jawa Timur yang paling populer. Apalagi keberadaan irisan cingur dalam setiap piringnya semakin menjadi daya tarik dari kuliner yang satu ini.

rujak cingur makanan jawa timur berbahan dasar petis
Foto: Instagram/eattemptationsby

Tahu Tek

Seperti rujak cingur, tahu tek juga menggunakan petis sebagai bahan utama dalam bumbunya. Karenanya penampilan bumbu tahu tek juga terlihat pekat. Petis tersebut dicampur dengan kacang tanah, cabai juga bawang putih kemudian dihaluskan dan diaduk dengan air secukupnya.

Kuliner ini disebut tahu tek karena saat memotong tahu, telur juga lontongnya, penjual biasanya menggunakan gunting sehingga menimbulkan suara tek tek tek.

tahu tek khas surabaya
Foto: instagram/sbykulinerinfo

Lontong Balap

Berbeda dengan rujak cingur dan tahu tek yang disajikan dengan bumbu kental tanpa kuah, lontong balap biasanya disajikan dengan kuah. Meski begitu, petis berperan penting sebagai tombak kelezatan lontong balap. Dalam setiap porsinya terdapat irisan lontong, kecambah, tahu goreng serta lentho. Tak jarang, lontong balap juga disajikan dengan sate kerang yang lezat.

lontong balap makanan jatim yang berbahan dasar petis
Foto: hardrockfm.com

Baca Juga: Istimewa, Ini Resep Tahu Tek Khas Surabaya Yang Bikin Kamu Rindu

Tahu Campur

Berasal dari Lamongan, tahu campur biasa disajikan dengan perpaduan lontong, tahu goreng, perkedel singkong, kecambah, selada, mi kuning serta irisan daging atau babat. Termasuk salah satu makanan berbahan dasar petis yang berkuah, tahu campur juga menjadi kuliner legenda yang kelezatannya menggoyang lidah.

tahu campur makanan berbahan dasar petis
Foto: instagram/e_ndro

Lontong Kupang

Kupang merupakan hewan laut yang disebut juga kerang putih. Hewan ini menjadi bahan utama dalam sajian lontong kupang bersama lontong dan lentho. Dengan kuah petis dan campuran perasan jeruk nipis, lontong kupang punya citarasa yang begitu lezat dan memikat.

lontong kupang makanan berbahan dasar petis
Foto: instagram/kulinersby

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kandungan kacang almond

Manfaat kacang almond, bagus untuk kesehatan jantung dan otak

manisan mangga

Masih musim mangga, coba bikin manisan untuk cemilan yuk!