Deretan kuliner khas Makassar yang sayang dilewatkan, enak semua

pisang epe jajanan khas makassar
Foto: pesona.travel/Sandy Mahendra

Pasti sayang sekali kalau traveling tapi melewatkan kesempatan untuk mencicipi wisata kulinernya. Apalagi ada banyak sekali makanan serta minuman khas yang bisa dinikmati secara langsung di tempat asalnya. Termasuk jika traveling ke Makassar. Pasti ada banyak deretan kuliner khas Makassar yang bisa dicoba.

Coto Makassar

Salah satu menu kuliner khas Makassar yang patut dicoba langsung di tempat asalnya adalah Coto Makassar. Menu yang sangat ikonik di Makassar ini memiliki kuah yang kentah dan kaya akan rempah dengan isian daging sapi dan jeroan. Biasanya Coto Makassar dihidangkan dengan ketupat dan burasa.

coto makassar kuliner khas makassar
Foto: Istimewa

Es Pisang Ijo

Seperti halnya Coto Makassar, Es Pisang Ijo juga termasuk salah satu menu kuliner Makassar yang cukup populer di Indonesia. Seperti namanya, es pisang ijo menggunakan bahan utama pisang yang dibungkus dengan adonan berwarna hijau. Irisan pisang ijo ini biasanya disajikan dengan bubur sumsum, susu kental manis, sirup dan es batu. Paling enak dinikmati siang-siang saat cuaca panas.

es pisang ijo kuliner khas makassar
Foto: instagram/kulinerakut

Sop Konro

Bahan dasar yang digunakan adalah daging atau iga sapi yang sudah direbus dengan rempah-rempah seperti kayu manis, air asam jawa dan berbagai bahan lainnya. Karena itu konro punya aroma dan rasa yang kuat.

sop konro makanan khas makassar
Foto: instagram/arvhiejesimakan

Baca Juga: Kuliner khas Padang, terkenal nikmat dan selalu jadi buruan

Pisang Epe

Selain Es Pisang Ijo, Makassar juga punya jajanan khas yaitu Pisang Epe. Menggunakan pisang kepok setengah matang, pisang dibakar di atas bara api hingga lembek kemudian dihidangkan bersama siraman gula merah. Cocok untuk cemilan sore sambil bersantai saat liburan di Makassar.

pisang epe makasar
Foto: instagram/masakanindonesia1

Mie Titi

Kuliner khas Makassar memang banyak yang menggunakan daging sapi. Mie titi juga termasuk salah satunya. Dengan bahan utama mie kering yang disiram kuah kental, mie titi disajikan dengan bahan pelengkap seperti sawi, bakso, udang serta irisan daging sapi atau ayam. Tertarik mencobanya?

mie titi makassar
Foto: Instagram/thy_pws

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

olahan kubis

Tak hanya jadi lalapan, kamu bisa olah kubis jadi berbagai menu enak

menu ikan salmon fillet

Jaga nafsu makan dengan menu ikan salmon yang mudah dan lezat ini