Demi kesehatan, coba terapkan pedoman gizi seimbang setiap hari yuk

menu diet sehat
Foto: Getty Images/jenifoto

Untuk menjalani pola hidup sehat, rupanya konsumsi makanan sehat saja ternyata tak cukup. Perlu coba terapkan pedoman gizi seimbang yang diyakini lebih cocok. Tapi seperti apa sih pedoman gizi seimbang yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Susu untuk lengkapi nutrisi

Sejak lama, susu sudah dianggap sebagai salah satu minuman sehat yang baik untuk tubuh. Kandungan gizi dan nutrisinya diyakini dapat melengkapi kebutuhan tubuh. Tapi saat ingin mengonsumsi susu untuk sehari-hari, ada baiknya memilih susu yang bebas gula dan rendah lemak, sehingga lemak harian dan asupan gula tetap terjaga.

Atur porsi makan

Mengatur porsi makan ternyata sangat penting. Bukan asal kenyang, tapi kebutuhan nutrisi pun harus dipertimbangkan. Dengan porsi makan yang tepat, kita jadi lebih bisa mencegah tubuh agar tidak kegemukan dan terhindar dari penyakit kronis yang berbahaya.

porsi sekali makan
Sumber: Kementrian Kesehatan via hellosehat

Banyak minum air putih

Minum-minuman berkafein, bersoda, beralkohol bahkan minuman berenergi, tentu jumlah yang boleh dikonsumsi tubuh harus dibatasi. Jika berlebihan pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, air putih merupakan minuman yang paling disarankan untuk dikonsumsi dengan jumlah cukup. Karena itu usahakan untuk mencukupi kebutuhan air putih untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Variasikan menu dan jenis makanan 

Makanan pokok orang Indonesia memang nasi, tapi bukan berarti tak boleh divariasi dengan menu lain seperti kentang, ubi atau sumber karbohidrat lainnya bukan? Selain untuk menghindari rasa bosan, semakin banyak bahan menu makanan sehat yang kita makan, maka akan semakin baik juga kandungan gizinya.

Baca juga: Jadi gamers juga tetap bisa terapkan pola hidup sehat

Eits, olahraga juga perlu

Pada kenyataannya, menjalani pola hidup sehat bukan hanya dari makanan. Olahraga teratur juga termasuk salah satu di antaranya. Sehingga sehat dan bugar pun lebih maksimal.

Jangan lupa tidur cukup

Kurang tidur yang dilakukan terus menerus, bisa berefek kurang baik bagi kesehatan tubuh. Karena itu selain menjaga asupan yang dikonsumsi tubuh dan berolahraga rutin, tidur cukup juga termasuk salah satu syarat penting untuk hidup sehat.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat edamame untuk bayi

[Infografis] Bayi juga boleh mengonsumsi edamame, ini dia manfaat-manfaatnya

sambel seruit kuliner khas lampung

Berada di sebelah barat Samudra Hindia, ini makanan unik khas Lampung