Demi dapatkan manfaatnya, minyak zaitun bisa digunakan untuk sajian ini

kegunaan minyak zaitun
Foto: freepik

Memasak di rumah merupakan kebiasaan yang menyenangkan. Apalagi dengan memasak di rumah, kebersihan dan kesehatannya pun lebih terjamin. Pemilihan bahan makanan yang lebih berkualitas dan sehat pun lebih mudah dilakukan. Termasuk dengan penggunaan minyak zaitun sebagai bahan penyajian makanan. Dengan banyaknya khasiat dan manfaat minyak zaitun, minyak ini pun bisa digunakan untuk berbagai sajian.

Untuk menumis sebagai pengganti minyak goreng

Minyak goreng biasanya digunakan sebagai bahan untuk mengolah makanan yang ditumis. Tapi penggunaan minyak bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan. Pasalnya minyak biasanya memiliki kandungan lemak yang berbahaya. Sebaliknya minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Karena itu penggunaan minyak zaitun untuk menumis makanan diyakini lebih baik dibanding menggunakan minyak goreng. Tapi meski begitu, minyak zaitun tidak dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk menggoreng.

Untuk dressing salad

Salah satu tujuan mengonsumsi salad adalah untuk mendapatkan manfaat dan kandungan baik yang ada di dalam sayuran atau buah-buahan tersebut. Tapi akan sangat disayangkan jika dressing salad tersebut menggunakan mayonaise yang memiliki kandungan lemak yang sulit dibakar tubuh. Karena itu dibanding menggunakan mayonaise, penggunaan minyak zaitun diyakini lebih sehat. Pasalnya, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Sehingga manfaat dan khasiat baik yang bisa didapatkan tubuh dari mengonsumsi salad pun jadi lebih maksimal.

fungsi minyak zaitun
Foto: freepik/valeria-aksakova

Baca juga: Manfaat dan khasiat minyak zaitun, baik untuk menjaga kesehatan tubuh

Pengganti mentega

Mengoleskan mentega pada roti memang membuat roti jadi terasa lebih lezat. Tapi sayangnya, mentega memiliki kandungan lemak jahat yang dapat memicu penyakit jantung dan kolesterol. Nah, minyak zaitun dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan mentega sebagai olesan roti yang lebih sehat. Minyak zaitun pun memiliki antioksidan yang diyakini baik untuk tubuh.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

terong krispi

Serba Sayur, Olahan Ini Jadikan Sayuran Terasa Krispi Dan Gurih

sup ikan nila batam

Sup Ikan Khas Batam, Hangatnya Sajian Berkuah Yang Selalu Ditunggu