Daun bawang dan daun kucai sekilas memang mirip, ini perbedaannya

beda daun kucai dan daun bawang
Foto: freepik/nipapornnan

Ada begitu banyak jenis bahan makanan yang bisa digunakan untuk melengkapi hidangan. Namun dari jenis-jenis bahan makanan tersebut, ada beberapa bahan yang mirip satu dengan yang lain. Misalnya seperti daun bawang dan daun kucai.

Kedua bahan ini sekilas tampak begitu mirip. Namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Apa saja sih yang membedakan daun bawang dan daun kucai?

Bentuk

Daun bawang dan daun kucai jika dilihat sekilas memang memiliki panjang yang sama. Namun, daun kucai memiliki ukuran daun yang lebih kecil jika dibandingkan dengan daun bawang. Di mana daun bawang memiliki daun yang lebih lebar. Saat dipegang, daun bawang terasa lebih padat dibanding dengan daun kucai. Hal itu karena memang bentuk daunnya yang bulat.

Warna

Dari segi warna, seluruh permukaan daun kucai memiliki warna hijau pekat. Sedangkan daun bawang, pada bagian bawah hingga akarnya memiliki warna putih. Selain itu daun kucai juga memiliki bunga yang cantik, jadi tak heran jika daun kucai selain digunakan dalam masakan juga sering digunakan sebagai tanaman yang berfungsi untuk memperindah halaman rumah.

perbedaan daun kucai dan daun bawang
Foto: freepik/dragana-gordic

Baca juga: Supaya tak keracunan, hindari membeli cumi-cumi yang punya ciri-ciri ini

Fungsi

Jika dibandingkan, daun bawang lebih sering digunakan untuk menambah cita rasa sebuah masakan dibandingkan daun kucai terkadang hadir hanya sebagai garnish saja. Daun bawang biasanya digunakan di dalam campuran sayur sup, menu-menu tumisan, aneka gorengan hingga martabak telur.

Sedangkan daun kucai, lebih jarang ditemui pada masakan sehari-hari. Karena penggunaan daun kucai biasanya lebih banyak digunakan pada sajian menu-menu Thailand, Tiongkok dan Jepang. Biasanya daun kucai diiris-iris sebagai campuran pada hidangan pad thai, bubur, nasi goreng, mi goreng atau kwetiau goreng.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kandungan yogurt

Tingkatkan daya tahan tubuh, konsumsi ini agar tak gampang terserang virus

wedang ronde

Wedang ronde, minuman tradisional yang populer di Indonesia