Cenderung sedang ingin makan asin-asin? Mungkin ini penyebabnya

alasan ingin makan makanan asin
Foto: freepik/nerosu11

Sesekali rasanya wajar kalau tiba-tiba ingin mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya secara spesifik ingin makan makanan yang cenderung asin. Bukan hanya sekedar ingin, biasanya keinginan tersebut juga bisa muncul karena beberapa alasan. Salah satunya karena sinyal yang diberikan oleh tubuh. Nah apa sih arti sinyal tersebut? Berbahaya tidak ya? Coba cari tahu yuk!

Sedang stress

Makanan asin termasuk salah satu jenis makanan yang banyak dicari saat tubuh sedang stress. Hal tersebut dapat terjadi karena garam dapat membantu mengurangi hormon stress. Kemudian saat mengonsumsi makanan asin dan meningkatkan kadar natrium dalam tubuh, tingkat hormon oksitosin yang mempengaruhi rasa senang pun akan mengalami peningkatan.

Namun sebaiknya tetap perhatikan jumlah yang dikonsumsi sehingga tidak berlebihan dan malah membahayakan tubuh.

Bisa jadi tubuhmu dehidrasi

Tak jarang saat tubuh sedang dehidrasi dan kekurangan cairan, kita justru menerjemahkannya sebagai dorongan keinginan untuk ngemil makanan yang asin. Apalagi rasa haus kadang salah diartikan sebagai rasa lapar. Bukannya mengonsumsi air yang cukup, kita malah makan sesuatu. Tentunya hal itu kurang baik bukan untuk kondisi tubuh? Sehingga ada baiknya sebelum menuruti keinginan untuk mengonsumsi sesuatu, sempatkan untuk minum air putih terlebih dahulu.

Sedang PMS

Keinginan atau hasrat untuk mengonsumsi suatu makanan yang cukup spesifik, kadang kala muncul karena mendekati masa menstruasi atau PMS (premenstrual syndrome). Boleh saja menuruti keinginan tersebut. Namun tetap dengan memperhatikan jumlah yang dikonsumsi ya.

penyebab ingin mengonsumsi makanan asin
Foto: freepik/stockking

Baca juga: Jaga dan tingkatkan imun tubuh saat kembali beraktivitas

Atau karena masalah kesehatan?

Munculnya masalah pada kesehatan, membuat tubuh meresponnya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menumbuhkan keinginan untuk terus-terusan mengonsumsi makanan asin. Supaya tak terlalu terlambat, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri atau konsultasi dengan pakarnya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

buah kiwi sebaiknya dikonsumsi sebelum donor darah

Jaga dan tingkatkan imun tubuh saat kembali beraktivitas

resep nasi ayam hainan

Nasi Ayam Hainan, Menu Spesial Yang Lezat Tapi Mudah Dibuat