Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Makanan Kemasan

cara memilih makanan kemasan
Foto: Istimewa

Saat ini makanan kemasan banyak diburu karena sifatnya yang praktis, mudah didapat, mudah disimpan dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Tapi tak dapat diabaikan, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan baik-baik kandungan, jenis dan kondisinya. Karena itu kamu tak sebaiknya sembarangan memilih makanan kemasan.

Mengingat pentingnya pengaruh makanan akan kondisi tubuh, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat memilih makanan kemasan. Hindari untuk sembarangan mengonsumsi makanan kemasan, karena akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih makanan kemasan?

Memilih Makanan Kemasan Harus Perhatikan Kondisi Kemasannya

Ada berbagai jenis bahan yang biasa digunakan untuk kemasan makanan. Mulai dari plastik, toples kaca, kaleng, kardus, plastik kresek, kertas koran hingga styrofoam. Hindari membeli makanan kemasan yang menggunakan bahan-bahan yang kurang aman untuk makanan. Misalnya seperti plastik kresek hitam, kertas koran juga kertas bekas. Demikian juga hindari membeli makanan panas yang dikemas menggunakan styrofoam.

Kondisi kemasan juga harus diperhatikan. Sebaiknya urungkan membeli jika kemasan sobek, karatan atau berubah warna. Karena itu menandakan kondisi kemasan kurang baik.

Perhatikan Tanggal Kedaluwarsanya

Saat diskon memang saat yang menyenangkan untuk borong barang belanjaan, baik untuk dikonsumsi segera atau untuk disimpan. Tapi jangan sampai karena terlalu senang memborong barang diskonan lalu kamu jadi mengabaikan tanggal kedaluwarsa makanan ya, guys.

Perhatikan baik-baik tanggal kedaluwarsa makanan yang tercantum dalam kemasannya. Kalau kamu tak yakin bisa menghabiskannya sebelum tanggal kedaluwarsa, tetap bijak dan hindari membeli terlalu banyak.

memilih makanan kemasan
Foto: Istimewa

Kandungan Gizi Dan Komposisi Makanan Jangan Lupa Diperhatikan

Penting untuk memperhatikan kandungan gizi dan komposisi makanan yang biasanya tercantum pada bagian belakang kemasan. Dengan memperhatikan kandungan gizi dan kompisisi makanan ini, kamu jadi bisa menghindari bahan-bahan yang dilarang untuk kamu konsumsi. Apalagi kalau kamu punya alergi atau harus menghindari makanan tertentu demi kesehatan.

Lebih Aman Kalau Makanan Tersebut Punya Label

Mungkin terkesan sepele dan jarang diperhatikan, tapi label pada kemasan makanan itu sangat penting lho. Jadi kamu bisa mengetahui apakah makanan tersebut sudah memiliki ijin edar dari BPOM atau belum. Kamu pun tak perlu khawatir makanan tersebut halal kamu konsumsi atau tidak dengan adanya label halal dari MUI. Penting kan memperhatikan label makanan?

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

sushi bento untuk bekal ayah

Untuk apresiasi ayah, ini ide bekal ke kantor yang bisa bikin ayah tersentuh

resep dan cara membuat crab stick pasta carbonara

Pasta carbonara super creamy, makin lezat dengan crabstick