Selalu mengkilat, ini cara mudah untuk membersihkan wajan dan panci

cara membersihkan noda gosong pada wajan dan panci
Foto: Shutterstock

Sering kali setelah digunakan untuk memasak, bagian belakang wajan atau panci jadi menghitam karena noda gosong. Jika dibiarkan dan tak langsung dibersihkan, lama-lama jadi makin susah hilang dan menempel. Kalau sudah begitu, jadinya mengganggu dan tampak jorok bukan? Padahal peralatan masak termasuk salah satu hal yang harus diperhatikan agar makanan yang dikonsumsi terjamin kebersihannya.

Supaya wajan dan panci yang digunakan sehari-hari tetap tampak mengkilap dan cantik, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkannya.

Gunakan jeruk nipis

Campurkan air panas dan perasan jeruk nipis di dalam wadah baskom yang cukup besar untuk merendam bagian belakang panci atau wajan yang gosong. Diamkan selama beberapa jam sebelum menggosok bagian tersebut dengan menggunakan kawat besi atau spons cuci piring. Sejak lama, jeruk nipis memang termasuk salah satu bahan yang bukan hanya berguna untuk masak tapi juga diyakini dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai noda.

Paling mudah, gunakan sabun cuci piring juga bisa kok

Bahan lain yang mudah didapat dan praktis digunakan adalah sabun cuci piring. Dengan mencampurkan sabun cuci piring dan air panas di dalam baskom untuk merendam bagian belakang wajan atau panci, akan membuat noda gosong jadi lebih mudah dibersihkan. Wajan dan panci pun kembali mengkilat dan tetap tampak cantik.

tips membersihkan wajan
Foto: Freepik/kobackpacko

Baca juga: Wajan Sering Lengket Untuk Menggoreng, Ini Cara Menghindarinya

Cuka bercampur dengan bubuk soda

Jika dibiarkan terlalu lama dan menumpuk, noda gosong pada wajan akan semakin sulit dibersihkan. Tapi bukan berarti tidak bisa dibersihkan bukan? Campuran cuka dan bubuk soda dengan air panas, dapat dijadikan larutan untuk merendam wajan atau panci selama semalaman agar noda gosong yang menempel perlahan luntur. Keesokan harinya, wajan atau panci tinggal dibilas dengan menggunakan sabun cuci piring hingga benar-benar bersih. Tertarik mencobanya?

tips membersihkan noda gosong pada panci
Foto: freepik/aleruana

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ikan teri bernutrisi tinggi

Biasakan rajin konsumsi ikan, ini 5 macam ikan yang punya nutrisi tinggi

cara menyimpan bumbu halus siap pakai agar tahan lama

Cara menyimpan bumbu halus siap pakai agar awet dan tetap sedap