Cara merawat dan membersihkan freezer untuk menjaga kualitas frozen food

cara merawat dan membersihkan freezer agar awet dan tak rusak
Foto: freepik/myfoodie

Makanan beku memang termasuk jenis makanan yang dapat bertahan lama di dalam freezer. Tapi sebagai tempat penyimpanan, ternyata freezer juga harus dibersihkan dan dirawat dengan baik. Sehingga makanan yang disimpan tidak terkontaminasi bau atau malah rusak. Lalu seperti apa sih cara merawat dan membersihkan freezer untuk menjaga kualitas frozen food tetap terjaga dengan baik?

Jangan menyimpan makanan panas

Makanan atau minuman yang masih panas, tentu akan menghasilkan udara yang juga panas. Jika disimpan begitu saja di dalam freezer tentu akan kurang baik untuk freezer dan membuatnya cepat rusak. Karena itu sebelum memasukkannya ke dalam freezer, sebaiknya dinginkan dalam suhu ruang terlebih dahulu.

Tidak terlalu sedikit, juga tidak terlalu penuh

Menyimpan makanan terlalu penuh, dapat membuat freezer kesulitan mengalirkan udara dingin secara merata. Sirkulasinya pun menjadi lebih terbatas. Dengan begitu, proses pembekuan pun jadi lebih lambat sehingga lama-kelamaan dapat memperpendek umur freezer. Sebaliknya freezer yang terlalu kosong juga kurang baik. Udara dingin dalam freezer dapat membuat material di dalamnya jadi membeku dan cepat rusak.

Hindari dekat-dekat tembok

Meletakkan makanan di dekat tembok dapat membuat aliran udara terhambat. Sehingga nantinya dapat membuat kinerja freezer terpengaruh. Karena itu sebaiknya beri jarak antara makanan dengan dinding-dinding lemari pembeku.

Baca juga: Kembali bekerja, olahan makanan tahan lama ini bisa dikonsumsi kapanpun

Bersihkan bunga es

Bunga es yang muncul di dalam freezer dapat membuat makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya jadi susah beku. Karena itu bunga es harus dicairkan dan dibersihkan secara rutin. Namun hindari menggunakan benda tajam saat membersihkannya ya. Biasanya freezer menyediakan tombol untuk defrost untuk mencairkan bunga es kok.

Lap dan keringkan

Setelah bunga es mencair seluruhnya dan freezer kosong dari bahan makanan dan minuman, ada baiknya lap dan keringkan freezer terlebih dahulu sebelum digunakan kembali. Bersih, freezer pun jadi lebih awet.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

makanan olahan yang tahan lama

Kembali bekerja, olahan makanan tahan lama ini bisa dikonsumsi kapanpun

tips membuat salad sayur

Agar tetap segar dan renyah, ini cara menyiapkan salad sayur