Cara Menyimpan Kue Kering Supaya Renyahnya Tahan Lama

Tak Khawatir Buang-Buang Kue Lagi Deh

tips menyimpan kue kering
Foto: Shutterstock

Kue kering menjadi suguhan yang wajib ada saat lebaran. Banyaknya jenis kue kering yang disajikan, membuat kue-kue itu biasanya tak langsung habis dalam satu atau dua hari. Sehingga kue-kue itu pun masih mengisi toples hingga beberapa hari hingga beberapa minggu ke depan. Akan sangat disayangkan bukan kalau kue-kue kering yang lezat itu jadi rusak atau hilang renyah karena tak langsung habis dalam waktu cepat? Padahal jika disimpan dengan benar, kue-kue kering itu bisa bertahan lama dan tetap renyah. Yang penting cara menyimpan kue kering pun harus benar.

Simpan Dalam Toples Yang Sudah Dibersihkan

Setelah lama tidak digunakan biasanya toples-toples yang disimpan di lemari menjadi berbau apek atau kotor. Jadi pastikan untuk membersihkan kembali toples-toples tersebut terlebih dahulu sebelum digunakan. Sehingga bau apeknya tidak mempengaruhi kue kering yang akan dimasukkan ke dalamnya.

Keringkan Toples Dan Tutup Rapat

Sesudah dibersihkan dan dicuci, pastikan toples telah dikeringkan terlebih dahulu sebelum diisi dengan kue-kue lebaran. Karena air yang tersisa di dalam toples dapat merusak kualitas kue kering sobs. Jangan lupa juga untuk memastikan kalau toples tersebut tertutup rapat ya.

Pastikan Kue Kering Sudah Dingin Sebelum Disimpan Dalam Toples

Jika kamu membuat kue kering sendiri untuk suguhan hari raya, pastikan kue kering tersebut sudah dibiarkan dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam toples. Karena kue yang masih panas dapat membuat kue kering jadi kurang renyah. Tips ini berlaku untuk hampir semua kue kering kecuali lidah kucing yang memang baiknya disimpan sebelum dingin sepenuhnya.

cara menyimpan kue kering
Foto: Shutterstock

Letakkan Toples Di Tempat Sejuk Dan Kering

Menyimpan toples di tempat yang lembab akan mempengaruhi isi kue yang ada di dalamnya. Sehingga rasa renyah kue pun berubah dan menjadi kurang renyah. Sayang kan? Jadi daripada kue mu jadi berubah rasa, sebaiknya kamu menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering.

Tidak Membiarkannya Terkena Sinar Matahari Juga Termasuk Cara Menyimpan Kue Kering Supaya Renyahnya Tahan Lama

Pasalnya, kue kering yang sering terkena sinar matahari bisa cepat melempem nih sobs. Selain itu sinar matahari juga bisa membuat kue kering jadi mudah berjamur. Jadi pastikan kamu menyimpannya di tempat yang aman ya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ketupat

Biar Ketupat Tak Cepat Basi, Ini Tipsnya

bekal perjalanan jauh

Saatnya Balik Ke Tanah Rantau, Ini Bekal Praktis Untuk Di Jalan