Cara Menyimpan Ikan Agar Tahan Lama Awetnya

cara menyimpan ikan segar
Foto: Shutterstock

Mendekati libur lebaran, kamu mungkin ingin menyimpan ikan di rumah untuk stok. Jadi saat libur lebaran, tak perlu lagi bingung mencari ikan untuk bahan masak. Apalagi saat lebaran nanti mungkin banyak anggota keluarga yang datang berkunjung dan menginap. Sehingga kamu pun harus memikirkan hidangan yang akan disajikan nantinya. Tapi gimana ya cara menyimpan ikan agar tahan lama?

Karena kalau ikan tidak disimpan dengan benar dan rusak, bukan hanya rasa ikan yang akan berubah, tapi nutrisinya pun akan berkurang. Sayang banget bukan kalau ikan yang sengaja dibeli dalam keadaan masih bagus dan segar ternyata rusak karena kesalahan dari cara menyimpannya? Karenanya agar tak kejadian seperti itu, simak yuk cara menyimpan ikan yang benar ala Kitchen Of Indonesia ini.

Mulai Dari Tahap Pembersihan Sebelum Menyimpannya

Sebelum disimpan, pastikan kondisi ikan dalam keadaan bersih. Karenanya cara membersihkannya pun tak kalah penting. Bersihkan bagian insang kan. Kemudian ambil juga bagian yang ada di dalam perutnya. Atau kamu bisa melihat cara membersihkan ikan yang baik di sini. Jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih ya. Kamu pun bisa menambahkan perasan jeruk nipis agar ikan tersebut nantinya tak terlalu berbau amis.

cara menyimpan ikan
Foto: Shutterstock

Cara Menyimpan Ikan Itu Taruh Di Tempat Tertutup

Setelah dibersihkan, simpan ikan dalam wadah tertutup. Misalnya seperti kotak makan, toples, plastik atau wadah lainnya. Yang terpenting wadah tersebut tertutup rapat. Tak ada salahnya menggunakan wadah yang bisa digunakan untuk menyimpan ikan tanpa merusak bentuknya.

Simpan Rapi Dalam Freezer

Supaya ikan bisa disimpan lama dan tetap dalam kondisi baik, letakkan wadah berisi ikan tersebut ke dalam freezer. Dengan begitu ikan itu pun dapat bertahan lama selama berhari-hari di dalam freezer.

tips menyimpan ikan
Foto: Shutterstock

Yang Paling Penting, Saat Membeli Ikan Pilih Yang Segar

Dengan cara menyimpan ikan yang tepat, kualitas ikan pun dapat terjaga dan tetap baik dalam penyimpanan. Tapi yang paling penting sebelum menyimpannya adalah memilih ikan itu sendiri. Jadi usahakan untuk memilih ikan yang masih segar saat membelinya ya. Pilih ikan yang kondisinya masih segar, kenyal dan memiliki mata bening. Karena ikan yang segar akan tahan lama saat disimpan di dalam freezer.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

rendang cakalang

Biar Tak Bosan, Coba Bikin Rendang Cakalang Aja

tuna panggang mentega

Tuna Panggang Mentega, Cara Praktis Masak Tuna Yang Enak