Menjelang Natal, Bahan Ini Harus Disimpan Dengan Baik Demi Suguhan Yang Sempurna

cara menyimpan bahan makanan yang benar agar awet dan tahan lama
Foto: Shutterstock

Memasuki bulan Desember, nuansa Natal pun mulai terasa. Nah, menjelang Natal seperti ini biasanya kesibukan untuk menyiapkan hidangan pun telah dimulai. Mungkin kamu salah satunya? Apalagi karena banyak kue dan aneka makanan yang ingin dibuat, bahan-bahan makanan pun mulai dibeli dan disimpan. Tapi kalau disimpan terlalu lama, bisa-bisa bahan makanan tersebut malah rusak sebelum digunakan. Rasa makanannya pun jadi tak enak. Supaya kualitas bahan makanan tersebut tetap bagus, perhatikan cara menyimpannya ya!

Cara menyimpan telur

Menyimpan telur yang bagian luarnya masih kotor pasti jorok bukan? Selain itu juga bisa menyebabkan kontaminasi bakteri salmonella yang dapat menyebabkan masalah perut seperti diare hingga demam. Karena itu usahakan untuk selalu mencuci telur terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak menyimpan telur bersama terasi dan ikan asin, agar aromanya tidak merusak citarasa telur.

cara menyimpan bahan makanan dalam waktu lama
Foto: Shutterstock

Daging mentah

Untuk berbagai menu hidangan yang mungkin disajikan saat Natal, daging termasuk salah satu bahan penting di dalamnya. Misalnya barbeque. Karena itu daging mentah yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari harus disimpan dengan benar agar tidak rusak. Asal disimpan di dalam plastik yang tertutup rapat, daging mentah yang disimpan di dalam freezer bisa tahan hingga berbulan-bulan.

tips menyimpan bahan makanan agar awet
Foto: Shutterstock

Mentega

Mentega termasuk salah satu bahan yang tahan dalam jangka waktu lama. Asal disimpan dalam wadah tertutup rapat, mentega bisa diletakkan di dalam lemari es atau disimpan di lemari penyimpanan selama beberapa hari. 

cara menyimpan bahan kue
Foto: Shutterstock

Baca juga: Kesalahan menyimpan makanan di dalam kulkas yang sering terjadi

Tepung terigu

Agar tahan lama dan tidak rusak, hindari menyimpan tepung terigu di tempat yang lembap. Letakkan tepung terigu, terutama yang sudah dibuka, di dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Kemudian simpan wadah tersebut di tempat kering sehingga tepung terigu pun tetap kering dan tidak rusak.

Namun ada baiknya periksa kembali tepung terigu sebelum digunakan. Karena tepung terigu yang disimpan terlalu lama bisa berkutu dan berbau apak. Untuk hasil yang lebih maksimal, tepung terigu dapat diayak terlebih dahulu.

tips menyimpan bahan untuk kue
Foto: Shutterstock

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ikan woku balanga

Mampir Ke Tanah Minahasa Sulawesi Utara, Menjajal Kenikmatan Ikan Woku Belanga

macaroon frozen

Bertema Frozen, Hidangan Ini Tampak Menggemaskan dan Menggoda