Awas Hancur, Ini Cara Mengupas Udang Yang Benar

mengupas kulit udang
Foto: savortheflavour.com

Udang punya tekstur yang sangat lunak dan mudah hancur. Karenanya mengolah udang membutuhkan teknik khusus dan harus dengan sangat hati-hati. Sehingga ada baiknya kalau kamu tahu cara mengupas udang yang benar.

Karena meski memiliki citarasa yang enak, tapi tak jarang yang enggan makan udang karena kesulitan mengupas kulit udangnya. Apalagi ada bagian runcing pada kepalanya yang cukup menyakitkan jika terkena kulit tangan. Karena itu ada teknik khusus untuk mengupas udang supaya kamu pun lebih mudah mengonsumsinya.

cara mengupas udang
Foto: theflavorbender.com

Cara Mengupas Udang Mentah

Gunakan sarung tangan sebelum mulai mengupas

Menggunakan sarung tangan untuk mengupas udang mentah memang tidak wajib. Tapi tak ada salahnya kok kamu menggunakannya. Selain berfungsi untuk menghindari bau udang menempel di tangan, kamu pun bisa menghindarkan udang dari terkontaminasi bakteri yang ada di tangan.

Mulai dari ujung kepala

Jika tidak diperlakukan dengan baik, maka udang yang teksturnya lembut akan mudah hancur. Karena itu lebih baik mulai mengupas udang dari ujung kepalanya saat kulit udang masih menempel. Dengan begitu kulit udang akan membantu menjaga badan udang sehingga tidak mudah hancur saat kamu melepas bagian kepalanya.

Saat mencabut kepala udang, sebaiknya dipatahkan dengan posisi menarik ke bawah. Bukan ke arah tegak lurus. Sehingga bentuk udang pun tidak rusak.

Kupas kulit dari bagian kaki

Beberapa orang mengupas udang dengan cara menggunting bagian punggung udang kemudian mengupasnya sedikit demi sedikit. Tapi tanpa gunting, kamu juga bisa mengupas kulit udang dengan mudah. Caranya dengan memulainya dari bagian kaki kemudian mengupas kulit udang ke bagian atas. Lakukan dengan cara perlahan-lahan hingga seluruh kulit terkelupas.

Tinggalkan bagian ekor tanpa memotongnya jika ingin lebih mudah saat menggorengnya atau menggulungnya dalam tepung.

Devein udang

Udang memiliki saluran pencernaan yang biasanya dapat diambil dari punggung udang. Biasanya orang-orang menggunakan pisau untuk membelah punggung udah dan mengambil bagian tersebut. Tapi jika ingin lebih mudah tanpa merusak udang, kamu bisa menggunakan ujung lancip tusuk gigi. Sehingga tubuh udang pun tak rusak dan tetap terjaga.

Mudah bukan? Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

udang sambal dabu-dabu

Udang Sambal Dabu-Dabu, Menu Makan Siang Anti Ribet Bikin Senyum Cerah

selat solo

Makanan Khas Solo, Sekali Nyobain Siap-Siap Dibikin Ketagihan!