Cara mengolah gurita agar tak keras dan enak dimakan

cara mengolah gurita
Foto: spicetrekkers.com

Mengolah gurita agar dapat dikonsumsi sebagai salah satu hidangan lezat itu gampang-gampang susah. Pasalnya kalau cara mengolah gurita tersebut kurang tepat, bisa-bisa malah jadi alot dan tak enak. Karena itu ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar gurita hasil olahan kita nantinya enak dan empuk.

Tunggu hingga gurita beku jadi cair

Sebelum dimasak, gurita yang beku sudah pasti harus dicairkan lebih dahulu. Proses pembekuan tersebut umumnya dilakukan untuk membuat gurita tersebut lebih tahan lama dan tak mudah busuk. Setelah gurita beku tersebut benar-benar mencair, gurita akan menjadi lunak dan lebih mudah diolah.

Bersihkan gurita sebelum dimasak

Setelah dicairkan, gurita tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Caranya dengan membersihkan kulitnya kemudian memotong-motongnya sesuai selera. Setelah itu gurita bisa dicuci di bawah air bersih.

Memotong gurita dengan memisahkan tentakelnya

Memotong-motong gurita wajib memisahkan antara bagian tubuh gurita dan tentakelnya. Sehingga saat memasak, prosesnya pun jadi lebih mudah. Kamu juga bisa menyingkirkan bagian kepala gurita yang biasanya punya tekstur lebih keras. Jangan lupa untuk mencuci kembali gurita setelah dipotong-potong.

Baca juga: Sering Dijadikan Isian Makanan Jepang, Ini Manfaat Gurita Untuk Tubuh

Siapkan bumbu selengkap-lengkapnya

Sebelum memasak, kamu pasti sudah menentukan menu yang akan dimasak bukan? Siapkan semua bumbu dan bahan yang diperlukan. Sehingga kamu tak perlu mondar-mandir mencari bumbu atau bahan yang kurang lagi saat proses memasak.

Baluri dengan bumbu jika diperlukan

Jika diperlukan, kamu bisa balurkan bumbu masak dan mendiamkannya selama beberapa saat terlebih dahulu. Kamu pun bisa merendam gurita dengan perasan jeruk nipis atau lemon jika khawatir gurita berbau amis.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

-2 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat nasi liwet

Cara membuat nasi liwet, makanan yang jadi andalan para leluhur

stroberi hantu

Seru dan lezat, ini resep makanan bertema halloween yang bisa kamu buat sendiri