Cara mencairkan mentega untuk bikin kue, biar kue nggak seret

beda margarin dan mentega
Foto: freepik/dulsita

Mentega termasuk salah satu bahan penting dalam pembuatan kue. Selain biasanya diperlukan mentega yang suhunya seperti suhu ruang, juga diperlukan mentega atau margarin dalam bentuk cair atau yang sudah dilelehkan. Tapi cara mencairkan mentega ini sebaiknya diperhatikan. Pasalnya salah mencairkan mentega atau margarin, bisa mempengaruhi hasil kue yang dibuat bahkan jadi terkesan kering dan seret saat dimakan lho.

Nah supaya cara mencairkan mentega untuk bikin kue ini tidak keliru, kamu bisa coba trik-trik ini.

Gunakan api kecil

Mentega dan margarin mempunyai titik leleh yang rendah, sehingga sangat mudah dilelehkan. Jika dilelehkan dengan api yang terlalu besar, ada risiko mentega atau margarin yang dilelehkan akan gosong. Karena itu sebaiknya gunakan api kecil untuk melelehkannya.

Potong-potong dalam ukuran kecil

Selain menggunakan api kecil, ada baiknya mentega atau margarin juga dipotong-potong dalam ukuran kecil. Dengan begitu, proses pelelehannya pun akan jadi lebih mudah. Jika dipotong terlalu besar apalagi dengan ukuran yang berbeda-beda besar kecil, maka pelelehan mentega atau margarin akan kurang merata.

Tak perlu mendidih

Melelehkan mentega atau margarin hanya hingga teksturnya jadi cair. Tak perlu menunggu hingga mendidih atau meleleh semuanya. Mentega atau margarin bisa diangkat dari kompor saat sebagian besar bagiannya sudah leleh. Sedang untuk bagian lainnya yang belum leleh cukup diaduk-aduk dengan yang sudah leleh, sehingga merata.

Baca juga: Pasta carbonara super creamy, makin lezat dengan crabstick

Lelehkan saat akan digunakan

Lelehkan margarin atau mentega saat akan digunakan saja. Sehingga kandungan air dan lemaknya tidak keburu terpisah saat akan digunakan. Dengan begitu hasil kuenya pun akan lebih bagus, tidak kering dan lebih maksimal.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat ikan kembung

Jarang diketahui, ini kandungan dan manfaat ikan kembung yang sangat berguna

aneka kacang untuk makanan tinggi protein

Tinggi protein, makanan-makanan ini baik untuk dikonsumsi rutin