Stop Lakukan Kesalahan, Ini Lho Cara Mencairkan Ikan Beku

cara mencairkan ikan beku
Foto: simplemost.com

Ikan beku jadi salah satu solusi untuk kamu yang suka memasak tapi tak punya banyak waktu. Apalagi ikan beku juga sangat mudah disimpan untuk jangka waktu lama dan sangat menolong karena tak mengharuskan untuk pergi berbelanja terlebih dahulu sebelum memasak. Tapi meski begitu cara mencairkan ikan beku harus diperhatikan dengan benar. Sehingga higienis ikan tetap terjaga dan kamu pun terhindar dari bahaya akibat kesalahan mencairkan ikan beku.

Cara Mencairkan Ikan Beku Di Dalam Kulkas

Cara ini memang terkesan paling ribet dibanding cara yang lain untuk mencairkan ikan beku. Pasalnya kamu harus menempatkan ikan dalam wadah bersih dan meletakkannya di bagian paling bawah kulkas sekitar 24 jam sebelum memasaknya. Cara ini untuk meminimalisir kemungkinan kontaminasi ikan dengan makanan lainnya yang disimpan di dalam kulkas. Tapi dengan begitu kualitas ikan tetap terjaga baik.

Bisa Juga Menggunakan Air Dingin

Jika ingin proses yang lebih cepat untuk mencairkan ikan frozen, kamu bisa meletakkan ikan beku yang terbungkus rapat ke dalam wadah yang berisi air dingin dan bersih selama sekitar 2 jam sebelum kamu bisa memasaknya. Agar lebih higienis dan terjaga kebersihannya, usahakan untuk mengganti air tersebut setiap 30 menit. Jangan lupa pastikan plastik yang membungkus ikan tidak bocor sehingga air dalam wadah tidak masuk ke dalam kemasan ikan dan merusak kualitas ikan.

ikan beku
Foto: saniapell.com

Baca Juga: Ikan Frozen Vs Fresh, Kamu Pilih Yang Mana?

Pakai Microwave Juga Bisa Kok

Dibanding dua cara di atas, menggunakan microwave jadi cara mencairkan ikan beku yang paling cepat. Karena kamu tinggal memasukkan ikan dalam wadah tertutup yang tahan panas ke dalam microwave selama beberapa menit dan ikan pun sudah tak lagi beku. Tapi kamu boleh menggunakan cara ini kalau ikan tersebut memang akan segera kamu masak ya, sobs.

Sebisa mungkin hindari menggunakan wadah yang tidak tahan panas seperti styrofoam, kemasan karton atau bungkus plastik.

Yang Harus Dihindari Saat Mencairkan Ikan Beku:

  • Memasukkan kembali ikan beku yang telah dicairkan pada suhu ruangan ke dalam kulkas. Karena ikan bisa saja terkontaminasi dan menyebabkan keracunan makanan.
  • Jangan terlalu lama mendiamkan ikan yang dicairkan dalam suhu ruangan. Karena membiarkan ikan terlalu lama di dalam suhu ruangan beresiko meningkatkan bakteri dalam ikan. Saat ikan sudah mencair, ada baiknya kamu segera memasaknya. Kamu pun tak perlu membiarkan bagian tengah ikan tak lagi membeku.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

menu serba boba

Lagi Hits, Ini Menu Serba Boba Yang Bisa Kamu Cobain

Tips Menghilangkan Bau Bekas Sambal

Tips Menghilangkan Bau Bekas Sambal Dari Tangan Sehabis Makan