Jangan Remehkan, Ini Cara Memilih Ikan Yang Benar

cara memilih ikan
Foto: 123rf.com/Viktor Prymachenko

Kandungan protein dalam ikan memang tak bisa diremehkan. Karenanya tak sedikit orang yang menyukai ikan dan rajin mengonsumsinya. Apalagi di Indonesia sendiri, ikan sangat mudah didapatkan. Harganya pun relatif lebih terjangkau dibanding daging.

Namun meski Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya akan hasil ikan, tak sedikit yang belum mengetahui cara memilih ikan dengan baik. Karenanya untuk mempermudah sobat KOI dalam memilih ikan, berikut beberapa tipsnya.

Cara Memilih Ikan Dari Kondisi Fisiknya

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih ikan adalah kondisi fisiknya. Ikan yang fisiknya tampak berkerut, kusam dan pucat biasanya sudah tidak segar lagi. Sebaliknya, ikan yang kulitnya masih lengkap, mengkilap dan berwarna cerah merupakan tanda ikan segar.

Selain itu, kondisi fisik ikan yang masih segar biasanya masih kaku saat dipegang. Ikan yang segar memiliki daging yang elastis, sehingga jika ditekan dengan jari, bentuknya cepat kembali seperti semula. Jika kondisi fisik ikan terasa lemas saat dipegang, biasanya ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Mata Ikan Juga Bisa Jadi Pertimbangan Saat Memilih Ikan

Ikan dengan mudah dapat dipilih dari kondisi matanya. Mata ikan yang hitam, tampak jernih dan masih menonjol, menandakan bahwa ikan tersebut masih dalam kondisi segar. Mata ikan yang memerah, biasanya menandakan kalau ikan sudah tidak segar. Demikian juga jika mata ikan tampak buram atau keabu-abuan. Biasanya kondisi mata ikan yang seperti itu menandakan kalau ikan tersebut tidak didinginkan dengan baik.

Memilih Ikan Dari Insang Dan Siripnya

Insang ikan yang masih segar memiliki warna merah darah. Sebaliknya, insang ikan yang sudah tidak segar biasanya berwarna pucat. Tak jarang karena ikan yang sudah tidak segar mudah membusuk, ikan pun menghasilkan lendir pada bagian insangnya.

Mengecek Ikan Dari Isi Perutnya

Selain dari insang, kondisi ikan juga dapat dicek dari keadaan isi perutnya. Seperti warna insang ikan yang masih segar, isi perut ikan segar juga memiliki warna merah darah yang segar. Bukan pucat.

Nah jika sudah tahu cara memilih ikan yang tepat, jangan lupa untuk memperhatikan cara penyimpanannya juga. Karena cara menyimpan ikan dapat mempengaruhi kondisi ikan.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

buah apel

Makanan Ini Bisa Mengatasi Tubuh Yang ‘Lebaran’ Setelah Lebaran

ikan segar

Ikan Frozen Vs Fresh, Kamu Pilih Yang Mana?