Jangan Salah Pilih, Memilih Ayam Tuh Gini Caranya

cara memilih ayam
Foto: Shutterstock

Ayam termasuk salah satu jenis unggas yang banyak digemari. Selain mudah diolah dan mudah didapatkan, ayam juga bisa dimasak menjadi berbagai jenis makanan. Tapi sayangnya, ada beberapa ayam tak segar yang juga dijual di pasaran. Karena itu penting mengetahui cara memilih ayam segar agar tak salah pilih.

Perhatikan Bau Dari Ayam Tersebut

Ayam yang bagus tentu memiliki bau daging segar. Tidak berbau kimia apalagi bau anyir tak enak. Karenanya jika ayam memiliki bau anyir tak enak, bisa jadi ayam tersebut merupakan ayam lama yang kondisinya sudah tak segar lagi. Demikian jika ayam mengandung bau kimia, ada kemungkinan ayam tersebut telah dicuci, direndam atau diberi bahan kimia.

Melihat Warna Ayam Juga Penting

Ayam yang kondisinya masih segar memiliki warna putih dengan semburat kemerahan. Jadi hindari membeli ayam yang dagingnya berwarna pucat, kehitaman, kebiruan bahkan mengkilap. Karena jika daging ayam tampak mengkilap, bisa jadi ayam tersebut mengandung formalin.

Tekstur Ayam

Ayam yang masih segar memiliki tekstur daging padat atau kenyal. Jadi jangan memilih daging ayam yang terasa terlalu lembek, berair dan seperti akan hancur jika dipegang. Hindari juga memilih daging ayam yang terlalu keras atau bengkak, karena kemungkinan daging ayam telah diberi suntikan formalin. Demikian juga jika tekstur ayam seperti bertepung atau berpasir. Bisa jadi itu merupakan sisa bahan kimia yang belum hilang dibilas.

Dikerubungi Lalat

Melihat makanan yang dikerubungi lalat memang terkesan jorok dan kotor. Tapi justru itu bisa menjadi salah satu indikator, kalau makanan tersebut bebas bahan kimia. Karena biasanya lalat enggan hinggap pada makanan yang mengandung bahan kimia.

Ayam Yang Dikemas Tapi Kemasannya Rusak

Berbeda dengan ayam yang dijual di pasar, daging ayam yang dijual di supermarket biasanya telah dijual dalam kemasan. Entah itu kemasan plastik atau kemasan lainnya. Nah jika membeli daging ayam yang sudah dikemas, ada baiknya untuk menghindari membeli daging ayam yang kemasannya rusak. Karena bisa jadi debu dan kuman justru hinggap ke dalam daging ayam melalui sobekan kemasan tersebut.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

panada

Panada Vs Pastel, Kamu Lebih Suka Yang Mana?

selimut sosis

Jangan Cuma Digoreng Atau Dibakar, Kreasi Ini Bikin Sosis Berasa Naik Kelas