Agar sayur sup lebih sempurna, jangan sampai salah melakukan langkah ini

cara membuat sup yang enak
Foto: freepik/kamranaydinov

Sayur sup termasuk salah satu jenis hidangan rumahan yang biasa dimasak untuk menu sehari-hari. Meski cara membuatnya terkesan mudah, tapi ada beberapa trik yang perlu dilakukan untuk mendapatkan sayur sup yang sedap dan sesuai dengan keinginan. Tertarik mencobanya?

Kaldu adalah kunci

Sayur sup yang lezat, salah satunya dipengaruhi kaldu yang digunakan. Kaldu yang gurih dan tidak keruh, akan membuat kuah sayur sup jadi lebih sempurna. Jika di kulkas sudah ada stok kaldu yang dibuat sendiri sebelumnya, kaldu tinggal dilumerkan dan ditambahi bumbu serta berbagai bahan yang diperlukan. Proses memasak pun jadi lebih cepat.

Tumis bumbu hingga matang

Siapkan wajan untuk menumis bumbu. Agar lebih sedap, bumbu halus dari bawang merah dan bawang putih bisa ditumis menggunakan mentega. Menumisnya pun jangan terlalu terburu-buru. Usahakan menumis bumbu hingga benar-benar matang sebelum mencampurkannya ke dalam kaldu. Jangan lupa untuk menambahkan merica serta garam secukupnya.

Porsi sayur dan kuah harus imbang

Sah-sah saja mencampurkan beberapa macam jenis sayur dalam jumlah banyak ke dalam sayur sup. Tapi porsi sayur harus seimbang dengan porsi kuah, namun tetap disesuaikan dengan keinginan. Urutan memasukkan sayuran ke dalam kuah pun tak boleh asal. Sayur-sayuran yang membutuhkan proses pematangan lebih lama seperti kentang dan wortel, sebaiknya dimasukkan ke dalam kuah terlebih dahulu. Sebaliknya, sayur-sayuran seperti buncis dan kubis yang lebih cepat matang ada baiknya dimasukkan belakangan.

tips membuat sayur sup yang enak
Foto: freepik/user6370240

Baca juga: Cara bikin kaldu ikan yang enak, gurih dan tidak keruh

Lebih sedap dengan tambahan taburan

Daun seledri kerap dianggap sebagai salah satu bahan yang dapat membuat masakan jadi lebih sedap. Karena itu risan daun seledri dapat ditambahkan sebagai taburan di atas sayur sup agar lebih sempurna. Jangan lupa tambahkan juga bawang goreng.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat aluminium foil

Memaksimalkan penggunaan aluminium foil untuk berbagai kebutuhan dapur

resep dan cara membuat gado-gado

Banyak jenisnya, ini cara membuat gado-gado khas Jawa Timur yang mantap