Sempurna Dan Lezat, Ini Caranya Bikin Ikan Bakar Anti Lengket

tips membuat ikan bakar
Foto: marthastewart.com

Ikan bakar punya daya tarik tersendiri yang sulit ditolak kelezatannya. Sayangnya untuk membuat ikan bakar yang cantik itu susah-susah gampang. Apalagi ikan bakar bisa rusak bentuknya karena kulitnya lengket dengan panggangan. Karena itu demi menghindarinya, ada beberapa cara membuat ikan bakar yang enak dan cantik.

Pilih Ikan Yang Kondisinya Baik

Ikan yang sudah tidak segar, lebih mudah hancur dibanding ikan yang masih segar. Rasa daging ikannya pun sudah sangat berkurang kelezatannya. Karena itu pilih ikan yang kondisinya masih baik. Pilih ikan yang kulitnya masih cerah alami, sirip kuat, mata yang jernih serta insang merah segar yang tak kering.

Lebih Baik Menggunakan Jenis Ikan Yang Punya Daging Tebal

Ikan yang punya daging tebal lebih mudah dibakar dibanding ikan yang dagingnya tipis. Dengan begitu ikan bakar pun jadi tak mudah hancur. Pilihannya kamu bisa pilih jenis ikan bawal, ikan baronang, ikan gurame atau ikan kakap. Jadi bentuk ikan bakar buatanmu juga tetap cantik dan menggiurkan.

Olah Ikan Dengan Benar Sebelum Dibakar

Mengolah ikan jadi hal penting yang harus diperhatikan sebelum mulai memasak. Dimulai dari membersihkan bagian dalam ikan, mencucinya hingga memberikan bumbu. Kamu bisa menyayat ikan agar bumbu lebih meresap ke dalam daging ikan.

tips ikan bakar
Foto: istockphoto.com

Baca Juga: Ingin Masak Menu Ikan Bakar? Ini Menu Lezat Yang Populer

Oleskan Minyak Agar Tak Menempel Di Panggangan

Beri olesan minyak pada kedua sisi ikan agar lebih mudah dibalik dan untuk menghindarkan kemungkinan ikan menempel pada panggangan. Jika perlu, kamu juga bisa oleskan minyak pada alat pemanggang. Tapi jika sebelumnya ikan sudah dibumbui dan ada kandungan minyak di dalam bumbu tersebut, kamu bisa melewati bagian ini agar ikan tak terlalu berminyak.

Balik Ikan Di Saat Yang Tepat 

Kamu bisa oleskan minyak setiap 5 menit sambil membaliknya saat memanggang ikan yang belum dibumbui apapun. Dalam 5 menit kemudian kamu bisa membaliknya kembali setelah kembali mengoleskan minyak pada ikan tersebut. Step ini bisa dilakukan beberapa kali hingga ikan matang sesuai keinginan.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kue pepare atau kue perape khas banjarmasin

Kue pepare, jajanan tradisional khas Banjarmasin yang mirip pare

streetfood

Alasan kenapa streetfood tetap digemari dan selalu ramai pembeli