Cara Memasak Ikan Tuna Yang Benar, Supaya Hasilnya Enak

cara memasak ikan tuna
Foto: freepik.com

Ikan tuna sering jadi ikan pilihan untuk dikonsumsi. Apalagi ikan tuna juga punya kandungan asam omega-3 yang tinggi. Tapi tak boleh sembarangan, ada cara pengolahan ikan tuna yang benar supaya hasilnya juga enak. Nah seperti apa cara memasak ikan tuna yang benar?

Ikan Tuna Punya Beberapa Jenis, Kenali Dulu Sebelum Memasak

Ikan tuna punya beberapa jenis. Ada jenis ikan tuna beku juga ada ikan tuna segar. Ikan tuna pun biasanya punya warna daging yang berbeda tergantung dari area penangkapannya. Ada yang berwarna putih, ada yang berwarna gelap, bahkan ada yang berwarna merah.

cara memasak tuna
Foto: freepik.com

Pilih Ikan Tuna Yang Masih Segar

Tak masalah apapun jenis ikan tuna yang dipilih. Tapi pastikan ikan tuna tersebut masih dalam kondisi segar. Pasalnya semakin tak segar ikan tuna, bau amisnya pun semakin kuat. Apalagi kondisi ikan yang sudah tak segar tersebut juga akan mempengaruhi rasa daging tuna yang nantinya dimakan. Kandungan yang ada di dalamnya pun pasti sudah rusak bukan?

tips memasak ikan tuna
Foto: drizzleanddip.com

Hilangkan Bau Amisnya Sebelum Dimasak

Ikan tuna termasuk jenis ikan yang punya aroma kuat. Untuk beberapa orang, mengonsumsi ikan tuna dengan bau amis seperti itu sering kali dianggap mengganggu. Karena itu ada baiknya bau amis tersebut dihilangkan terlebih dahulu sebelum dimasak.

Kamu bisa lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon. Diamkan selama beberapa saat sebelum memulai proses memasak.

cara mengolah ikan tuna
Foto: freepik.com

Baca Juga: Cara Bikin Egg Sausage Mayo Rice Bowl Ala Chef Arnold, Gibran Dan Kaesang

Perhatikan Cara Memasaknya

Setelah didiamkan dengan perasan air jeruk nipis atau lemon selama beberapa saat, olah tuna dengan bumbu yang pas. Kamu bisa gunakan bumbu-bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang putih, jahe hingga ketumbar untuk mengimbangi aroma tuna.

Jika ingin memasak tuna dengan cara menggorengnya, pastikan untuk menggunakan minyak yang panas dan api besar. Hindari juga menggoreng tuna terlalu lama hingga warnanya menjadi cokelat, agar tidak membuatnya keras.

memasak ikan tuna
Foto: bellabonito.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

fungsi garam

Bukan Cuma Untuk Memberi Rasa Asin, Ini Fungsi Lain Dari Garam

cara menata bumbu dapur

Bukan Cuma Desainnya, Bumbu Pun Perlu Ditata Supaya Dapur Tampak Cantik