Cara Memasak Ikan Beku Agar Kandungan Nutrisinya Terjaga

cara memasak ikan beku
Foto: epicurious.com

Tak dipungkiri, nyatanya ikan beku memang sudah jadi salah satu opsi tepat untuk kamu yang hobi memasak. Mudah didapatkan, membeli ikan beku yang sudah memiliki label resmi pada kemasannya tak jarang justru lebih baik daripada membeli ikan segar yang kita belum tahu kondisi aslinya. Selain lebih terjaga, cara memasak ikan beku juga tak jarang lebih praktis dibanding memasak ikan segar.

Tapi meski kualitas ikan terjaga terkadang cara penyajian atau cara masak yang salah, membuat ikan tersebut tak lagi tampak segar saat dihidangkan di atas meja makan. Nah supaya ikan tetap tampak segar dan kandungan nutrisinya terjaga, berikut ini cara memasak ikan beku yang sebaiknya kamu ketahui.

Cara Memasak Ikan Beku Itu Harus Menjaga Kualitasnya Dari Awal

Kualitas ikan yang sudah menurun menjadi salah satu penyebab kenapa ikan beku yang disajikan di atas meja makan setelah dimasak jadi tampak tak segar lagi. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan kita yang tidak memperhatikan aturan dalam memilih ikan beku, cara menyimpannya atau bahkan cara mencairkannya. Sehingga kualitas ikan sudah menurun bahkan sebelum dimasak.

Baca Juga: Cara Memilih Ikan Beku, Agar Dapat Kualitas Terbaik

Buru-Buru Memasaknya Saat Masih Dalam Keadaan Beku

Ikan yang masih beku tapi buru-buru dimasak memang lama-kelamaan akan mencair juga di dalam penggorengan atau panci yang digunakan untuk memasak. Tapi cara ini membuat bumbu jadi kurang meresap sempurna ke dalam daging ikan. Karena itu meski tengah terburu-buru, tapi usahakan untuk mencairkannya secara sempurna terlebih dahulu sebelum memasaknya.

tips memasak ikan beku
Foto: washingtonpost

Baca Juga: Stop Lakukan Kesalahan, Ini Lho Cara Mencairkan Ikan Beku

Jangan Berlebihan Memasaknya

Cara memasak ikan beku tak boleh asal-asalan. Suhu panas dan besarnya api juga harus diperhatikan. Jika ingin ikan matang dalam kondisi empuk dan lezat dengan tingkat kematangan yang merata, maka sebaiknya ikan dimasak dengan panas rendah dan merata. Karena menggunakan api yang terlalu besar atau suhu panas yang terlalu tinggi akan membuat ikan jadi mudah gosong di bagian luar tapi mentah di bagian dalam.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

khasiat kacang hijau

Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Jangan Sepelekan

ide bekal praktis nasi goreng omelet

Hari Pertama Sekolah, Ini Ide Bekal Praktis Untuk Makan Siang Anak