Budaya Unik ‘Ngunjuk’ Kopi Khas Indonesia

cara khas minum kopi
Foto: lubicom

Penikmat kopi Indonesia tentu tak lazim kalau Indonesia salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi menjadi salah satu minuman favorit yang turun temurun di budaya Indonesia. Dalam sejarah Indonesia, bibit kopi pertama kali di kirim oleh Pemerintah Belanda dari Kota Malabar, India ke Gubernur Batavia yang kini adalah Jakarta. Bibit kopi menjadi primadona hingga distribusinya tersebar luas ke seluruh daerah Indonesia dan tiap daerah punya cara khas minum kopi yang berbeda-beda.

Foto: wikipedia/Mo Riza

1. Kopi Tubruk, Jawa & Bali

Populer dikalangan penikmat kopi, karena rasanya yang kental dan kuat. Kopi tubruk disajikan dengan memasukan serbuk biji kopi yang sebelumnya di tubruk dengan alat bernama liangan, lalu di campur dengan gula dan air panas.

Foto: ramesia.com

2. Kopi Durian, Lampung

Lampung sebagai salah satu daerah penghasil durian terbesar di Indonesia, punya cara unik dalam meminum kopi. Daging buah durian matang dicampurkan ke kopi robusta panas, sehingga membuat aroma kopi ini cukup kuat. Para pecinta durian wajib mencoba kopi ini!

cara khas minum kopi indonesia
Foto: kodokbanget.blogspot.com

3. Kopi Joss, Yogyakarta

Kopi Joss asal Yogyakarta ini punya cara minum yang unik, bongkahan arang panas dicelupkan ke dalam kopi yang sudah dicampur dengan gula dan susu kental manis. Arang yang digunakan terjamin bersih dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, konon kandungan arang pada kopi joss, memberi manfaat bagi tubuh yang sedang panas dalam dan masuk angin.

kopi takar mandailing
Foto: wowkeren

4. Kopi Takar Mandailing, Sumatra Utara

Kopi khas Sumatra Utara ini diminum dengan cara yang unik, yakni dengan menggunakan bathok kelapa sebagai cangkir dan kayu manis sebagai sedotan. Campuran gula aren dan kopi yang diseruput dengan kayumanis memberikan rasa yang khas dari kopi takar mandailing.

kopi kopyok
Foto: sportourism.id

5. Kopi Kopyok, Gresik Jawa Timur

Kopi kopyok asal Gresik terkenal dengan rasa ciri khasnya. Kopi jenis Java Coffee yang ditubruk memiliki tekstur biji kasar sehingga ketika diminum ada sensasi mengunyah butiran kopi.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Vegan Lemon Cheesecake

Vegan Lemon Cheesecake Alternatif Bagi Para Vegetarian Penikmat Keju

Sate Ulat Sagu Hingga Aunu Senebre, Kuliner Tradisional Khas Papua yang Tidak Biasa