Wajib disave, ini trik memasak ikan agar kematangannya sempurna!

cara dan trik memasak ikan agar tingkat kematangannya tepat
Foto: freepik/timolina

Untuk mendapatkan ikan dengan rasa yang bagus, kematangannya saat dimasak harus diperhatikan. Sehingga bukan hanya citarasanya yang enak, kandungan gizinya pun tetap terjaga. Jika kurang matang, daging ikan bisa terasa amis, anyir serta berlendir. Jika terlalu matang, tekstur ikan bisa kasar bahkan gosong. Karena itu tingkat kematangannya harus tepat.

Untuk itu penting diketahui cara dan trik memasak ikan yang tepat agar kematangannya sempurna.

Gunakan peralatan masak yang bersih

Memasak, terutama menggoreng ikan menggunakan wajan yang kotor berisiko membuat ikan lengket di wajan. Hasil gorengannya pun jadi kurang bagus dan maksimal. Karena itu untuk meminimalisir kemungkinan ikan lengket di wajan, usahakan untuk menggunakan wajan yang sudah benar-benar bersih dan kering. Jika perlu, siapkan wajan khusus untuk menggoreng.

Jumlah minyak yang tepat

Menuang minyak yang terlalu sedikit saat akan menggoreng ikan, dapat membuat hasil gorengan jadi kurang bagus. Namun menuang minyak terlalu banyak, apalagi sampai melebihi 1/3 ukuran wajan, berisiko membuat minyak luber karena dipicu suhu panas. Selain itu, ikan pun jadi lebih banyak menyerap minyak.

Suhu minyak sudah panas

Menggoreng ikan pada minyak yang kurang panas, dapat membuat ikan jadi lengket di penggorengan dan hancur saat akan dibalik atau diangkat. Minyak yang diserap ikan pun jadi lebih banyak. Karena itu saat akan memasukkan ikan ke dalam minyak di penggorengan, pastikan suhu minyak sudah panas.

Baca juga: Sate odeng bumbu kacang lezat, bisa untuk ide jualan lho!

Durasi masak yang tepat

Durasi yang dibutuhkan untuk memasak ikan hingga matang, relatif lebih singkat dibanding memasak daging. Misalnya jika dikukus, ikan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 menit hingga matang.

Untuk mengecek ikan yang dimasak, baik dengan cara dikukus, dipanggang atau digoreng sudah matang, kita dapat menekan permukaan ikan dengan jari tangan. Jika masih terasa lembek saat ditekan, maka kemungkinan ikan belum matang. Begitu pun dengan warna daging ikan. Jika masih tampak bening, bisa jadi ikan tersebut belum cukup matang.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ide sate odeng bumbu kacang

Sate odeng bumbu kacang lezat, bisa untuk ide jualan lho!

makanan dan minuman yang biasanya dicari saat musim hujan

Saat musim hujan, ini makanan dan minuman yang biasanya dicari